Iklan Layanan Masyarakat

Tatap 2024, KONI Temanggung Tetapkan Terus Ukir Prestasi

Senin, 01 Jan 2024 20:29:15 380

Keterangan Gambar : Tatap 2024, KONI Temanggung Tetapkan Terus Ukir Prestasi


Temanggung, MediaCenter - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Temanggung menatap 2024 dengan menetapkan sejumlah terget prestasi di sejumlah kejuaraan.

Ketua KONI Kabupaten Temanggung Tomy Eko Kartiko mengatakan, pada 2024 ada sejumlah kejuaraan yang harus dilakoni atlet Temanggung, baik tingkat provinsi, kejurnas dan internasional.

"Kami akan terus kejar prestasi, atlet-atlet muda berbakat di Temanggung haus akan prestasi," kata Tomy Eko Kartiko, Senin (1/1/2024).

Tomy mengemukakan akan mengoptimalkan dana dari APBD 2024 yang diterima untuk pembinaan dan peningkatan prestasi atlet.

"Berbagai upaya akan dilakukan untuk mengoptimalkan dana yang ada untuk peningkatan prestasi," jelasnya. 

Ia mengemukakan, telah menggelar Rapat Kerja KONI Kabupaten Temanggung di akhir tahun lalu dengan tema "Soliditas KONI ciptakan atlet berprestasi".  

Tomy mengatakan, pada tahun 2024 KONI mendapat dana Rp 975 juta, sedangkan pada tahun 2023 KONI Temanggung mendapat anggaran Rp 4 miliar, dana itu untuk persiapan Porprov Jateng.

Turunnya dana yang diterima, KONI memakluminya, sebab kemampuan daerah tidak banyak.

Dari dana Rp 4 miliar itu, ia mengatakan masih ada dana sekitar 10 persen. Dana itu dipergunakan untuk raker dan bantuan/bonus untuk atlet berprestasi, yang sebagian belum diambil.

Ia menerangkan, KONI bisa saja puasa anggaran, tetapi tidak untuk puasa prestasi.

Untuk proyeksi tahun 2024 fokus dalam pembinaan, karena KONI Kabupaten Temanggung sudah mempunyai program "menemukan, melatih, dan mempertandingkan".

Disampaikan, KONI Temanggung tidak berpegang pada menemukan, membeli, dan mempertandingkan.

"Maksudnya adalah kita tidak akan membeli atlet, namun kita akan membina atlet daerah khusus 2024 ini adalah agar Porprov berikutnya kita bisa meningkatkan prestasi yang lebih bagus lagi," katanya.

Meski minim anggaran, pada tahun 2024 tetap akan mengirimkan atlet asli Temanggung pada kejuaraan provinsi dan kejurnas.

Ketua DPRD Temanggung Yunianto mengatakan, selain membangun seluruh potensi sosial masyarakat pemerintah daerah juga memberdayakan kaum muda mudi, salah satunya dorongan untuk atlet yang tergabung dalam KONI.

"Dari 42 cabor yang ada dalam keanggotaan KONI Kabupaten Temanggung, DPRD suport semangat 2024 selalu akan mendorong, karena ini sesuai Permendagri bisa dialiri APBD kabupaten sesuai dengan proporsi sudah menggerakkan, namun jumlah ini pasti kurang," katanya.

Tetapi, tambahnya, pihaknya yakin Ketua KONI Kabupaten Temanggung dan seluruh jajaran sudah pasti menyelesaikan program dengan prestasi. (Aiz;Ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top