Iklan Layanan Masyarakat

Tanamkan Kemandirian Sejak Dini dengan Cuci Peralatan Makan

Kamis, 07 Jan 2023 15:37:44 165

Keterangan Gambar : Tanamkan Kemandirian Sejak Dini dengan Cuci Peralatan Makan


Kemandirian pada anak usia dini merupakan faktor penting dalam tumbuh kembang. Menurut KBBI, mandiri adalah dapat berdiri sendiri, tidak bergantung pada orang lain. Sedangkan kemandirian adalah hal atau keadaan dapat berdiri sendiri tanpa bergantung pada orang lain. 

Anak yang memiliki tingkat kemandirian tinggi dapat melakukan kegiatan sehari-hari dengan mudah dan terlihat aktif. Memiliki rasa tanggung jawab, serta sikap dan perilakunya pun lebih mudah dikontrol. 

Penanaman kemandirian pada anak dapat dilakukan sedini mungkin dan dapat diterapkan di dalam kegiatan sehari-hari. Mengapa hal ini perlu dilakukan sejak sedini mungkin? karena kemandirian yang dilakukan sejak kecil menjadikan bekal mereka kelak ketika dewasa yang akan membentuk mereka menjadi pribadi yang mandiri, penuh tanggung jawab dan disiplin, serta siap menghadapi masa depan sesuai tuntutan jaman.

Lalu apa yang akan terjadi, jika anak tidak memiliki kemandirian? ia akan mengalami kesulitan dalam kegiatan sehari-hari, kurang bertanggungjawab dan bergantung kepada orang lain dalam mengerjakan tugas, maupun dalam mengambil keputusan. 

Maka dari itu, sebaiknya kita menanamkan kemandirian dari hal-hal kecil dan melalui pembiasaan dalam kehidupan sehari-hari, misalnya makan sendiri tanpa disuapi, memakai pakaian sendiri, memakai alas kaki tanpa bantuan, mandi tanpa bantuan ibu dan lain sebagainya.

Di TK Negeri Pembina Kecamatan Temanggung, telah menyediakan makanan tambahan di jam istirahat, sehingga anak-anak tidak perlu membawa bekal ke sekolah. 

Dengan adanya kegiatan tersebut, TK Negeri Pembina Kecamatan Temanggung melakukan pembiasaan sehari-hari yang sudah dilakukan secara rutin, yaitu mencuci peralatan makan, seperti piring, sendok dan gelas. Ini dilakukan dengan tujuan agar anak-anak mampu mengimplementasikan perilaku kemandirian di lingkungan sekolah sesuai dengan SOP yang berlaku. 

Selain itu, manfaat lain yang diperoleh dari kegiatan tersebut adalah anak dapat bertanggungjawab atas tugasnya, melatih kedisiplinan, kesabaran dalam menunggu giliran dan menjaga kebersihan lingkungan.

Oleh    : Imul Puryanti, S. Pd
Lembaga    : TK Negeri Pembina Kecamatan Temanggung

Pencarian:

Komentar:

Top