Iklan Layanan Masyarakat

Tagana se Jateng-DIY Gelar Apel Luar Biasa di Lapangan Kledung

Sabtu, 15 Jul 2023 11:42:29 437

Keterangan Gambar : Tagana se Jateng-DIY Gelar Apel Luar Biasa di Lapangan Kledung


Temanggung, MediaCenter-Anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana) se-Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyarakta (DIY), menggelar Apel Luar Biasa dan Bakti Sosial, di Lapangan Kledung, Jumat (14/7/2023) sore.

Apel tersebut dalam rangka HUT Tagana ke-19. Tagana sendiri dibentuk menyikapi rancangan bangun sistem penanggulangan bencana berbasis masyarakat. 

Wakil Bupati Heri Ibnu Wibowo yang menjadi Pembina Apel Luar Biasa Bakti Sosial Tagana se-Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Tahun 2023, di Lapangan Kledung tersebut, mengucapkan selamat dan mengapresiasi peringatan HUT Tagana ke-19. Ia berharap, ke depan Tagana semakin memberikan kontribusi positif dan bersinergi dengan pemerintah dalam hal penanggulangan bencana. 

"Saya mengapresiasi dan mengucapkan selamat HUT Tagana ke-19. Saya berharap, ke depan Tagana semakin memberikan kontribusi positif dan bersinergi dengan pemerintah dalam hal penanggulangan bencana," ujar Wabup.

Pada kesempatan itu, Wabup mengingatkan kembali, bahwa dalam Peraturan Menteri Sosial Nomor 28 Tahun 2012, Tagana memiliki tugas untuk melaksanakan penanggulangan bencana. Baik pada pra bencana, tanggap bencana, maupun pasca bencana dan penanganan tugas permasalahan sosial lainnya, yang terkait penanggulangan bencana. 

"Saya yakin setiap anggota Tagana sudah mengetahui dan memahami tugas dan fungsi Tagana yang tertuang dalam Peraturan Menteri Sosial tersebut, melaksanakan dengan sungguh-sungguh tugas dan fungsi tersebut. Pada hari ini, telah hadir Taruna Siaga Bencana Tagana dan rekan-rekan relawan sosial se-Jawa Tengah dan DIY. Keberadaan Taruna Siaga Bencana dan relawan sosial sangat penting untuk menjadi garda terdepan memberdayakan potensi generasi muda. Tentu dalam proses penanggulangan bencana, sebagai personil penanggulangan bencana, berbasis masyarakat terlatih, Tagana dan relawan sosial akan mampu menjalankan tugas dengan baik," katanya. 

Wabup pun menyatakan menyambut baik apel luar biasa ini. Lantaran hal ini menunjukkan kesiapan, komitmen, dan kesatuan tekad, antar berbagai unsur dalam penyiapan mitigasi. Ia pun mengajak peserta apel untuk mengamalkan prinsip "Yitna Yuwana, Lena Kena" Barang siapa selalu siaga dia akan terselamatkan dan barang siapa terlena dia akan terkena akibatnya. 

"Selalu jaga kesehatan dan selalu berdoa agar senantiasa dalam lindungan Tuhan Yang Maha Kuasa. Hadirin dan saudara-saudara sekalian, bakti sosial Tagana Jawa Tengah-DIY bertujuan untuk meningkatkan sinergitas antar anggota Tagana dengan Dinas Sosial kabupaten/kota, maupun dengan Kementerian, meningkatkan keaktifan dalam penanggulangan bencana, mengingatkan masyarakat akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan," katanya.

Disebutkan, Bakti sosial Tagana Jateng-DIY terdiri dari berbagai kegiatan, seperti konservasi tanah dan air, penyerahan bantuan kepada penyandang disabilitas, lansia, donor darah dilanjutkan dengan peletakkan batu pertama wana wisata.(MC.TMG/ari;ekn;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top