Iklan Layanan Masyarakat

Sukses di Dua Desa Lokus, USAID IUWASH Tangguh Lakukan Replikasi Program Sanitasi Aman

Rabu, 31 Jan 2024 18:05:55 287

Keterangan Gambar : Sukses di Dua Desa Lokus, USAID IUWASH Tangguh Lakukan Replikasi Program Sanitasi Aman


Temanggung, MediaCenter - USAID IUWASH Tangguh melakukan replikasi program kerjasama dengan Pemkab Temanggung dalam rangka meningkatkan akses air minum aman dan sanitasi higiene masyarakat. Sebelumnya, program ini dilaksanakan di dua desa yang menjadi lokus program, yaitu Desa Rowo, Kecamatan Kandangan dan Desa Pendowo, Kecamatan Kranggan yang saat ini masih berlangsung.

Pemilihan lokasi replikasi program ini dilakukan dengan melibatkan berbagai Perangkat Daerah terkait antara lain Bappeda, DPRKPLH, DPUPR, Dinas Kesehatan, DPPPAPPKB, Dinkominfo, Dinpermades, dan Perumda Tirta Agung Temanggung. 

Dari hasil diskusi yang dilakukan pada Selasa (30/1/2024), Desa Samiranan, Kecamatan Kandangan dan Desa Joho, Kecamatan Temanggung disepakati menjadi lokasi replikasi program USAID IUWASH Tangguh dengan mempertimbangan berbagai aspek yang menjadi dasar penentuan, diantaranya masalah sanitasi, air minum, angka kemiskinan, angka stunting dan prioritas pembangunan. Selanjutnya, akan dilakukan komunikasi dengan desa terkait untuk dilakukan langkah lebih lanjut.

Edy Triyanto, SBC-GESI Specialist USAID IUWASH Tangguh mengungkapkan, dari program yang sudah dilaksanakan di dua desa yang menjadi role model sebelumnya, menunjukkan keberhasilan dalam peningkatan akses layanan air minum dan akses sanitasi berbasis masyarakat, serta perilaku higiene dan saniter masyarakat. Hal ini dapat dilihat dari beberapa indikator, diantaranya meningkatnya akses air minum dan sanitasi, kesadaran masyarakat akan kebutuhan air minum dan sanitasi aman, serta adanya dinamika di masyarakat untuk mengubah perilaku higiene. 

“Diharapkan dengan semakin banyaknya replikasi program ini, akan menjadi gerakan masyarakat di seluruh Kabupaten Temanggung, sehingga pembangunan air minum dan sanitasi bukan hanya menjadi tanggungjawab pemerintah saja, tetapi juga menjadi tanggungjawab masyarakat, sehingga akan lebih cepat terwujud,” ungkapnya.

Gunadi, Fungsional Perencana Bappeda Temanggung memberikan apresiasi atas program USAID IUWASH Tangguh. Ia berharap, dari replikasi ini akan terbangun semangat yang sama di lokasi yang menjadi lokus selanjutnya, untuk mewujudkan akses air minum aman dan sanitasi higiene.

“Terimakasih kepada tim USAID IUWASH Tangguh. Program ini sejalan dengan target kinerja Pemerintah Kabupaten Temanggung untuk mewujudkan sanitasi aman, sehingga untuk langkah kedepan sudah tersusun perencanaan yang baik,” pungkasnya. (sv;ekn;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top