Iklan Layanan Masyarakat

Sosialisasikan Jaminan Hari Tua kepada PPPK, BKPSDM Gandeng Taspen

Selasa, 27 Jun 2023 14:39:01 1077

Keterangan Gambar : Sosialisasikan Jaminan Hari Tua kepada PPPK, BKPSDM Gandeng Taspen


Temanggung, Media Center - Pemkab Temanggung melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) melaksanakan kegiatan Sosialisasi Kepegawaian dan Program Ketaspenan bagi Pegawai Pemerintah dengan  Perjanjian Kerja (PPPK) bertempat di Graha Bhumi Phala, Temanggung, Selasa (27/6/2023).

“Setelah kegiatan ini selesai, bapak, ibu dapat memahami ketentuan kepegawaian, hak-hak dan kewajiban sebagai ASN PPPK, SIM PPPK dan data kepegawaian terakhir. Nanti, dari pihak Taspen akan menyampaikan terkait dengan program ketaspenan, karena PPPK ini sudah dilindungi oleh BPJS Ketenagakerjaan, berikut manfaatnya,” kata Umi Lestari Nurjannah, Kepala BKPSDM Temanggung saat membuka kegiatan.

Narasumber dari PT. Taspen KCU Semarang, Agus Purwoko menyampaikan, bahwa para PPPK menjadi peserta Taspen sesuai Undang - Undang Nomor 5 Tahun 2014 Pasal 4, yaitu yang menjadi keluarga Taspen adalah CPNS, PNS dan PPPK, karena secara tidak langsung tekait dengan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM). 

“Bapak, ibu datang ke acara ini dengan surat tugas. Apabila di jalan terkena musibah, kemudian masuk rumah sakit, terus siapa yang menjamin perawatannya?, itu nanti Taspen. Apabila meninggal dunia, nanti Taspen yang memberikan santunan,” jelasnya. 

Ia menambahkan, sebagai PPPK besaran gajinya lebih dari CPNS, karena ada komponen gaji dan jaminan hari tua, sedangkan CPNS dipotong sebesar 3,25 persen dan 4,75 persen. Gaji PPPK diberikan semuanya, dengan alasan, bahwa PPPK bisa mengelola sendiri.

“Dengan ijin pemerintah, Taspen membuat program baru, namanya Taspen Smart Save, di mana bapak, ibu bisa ikut secara mandiri dan tidak terbatas maksimal setorannya, karena saya yakin, sebagai PPPK akan diangkat terus dengan catatan kinerja bagus dan bisa sampai masa purna,” tandasnya. 

Hadir dalam kegiatan tersebut, PPPK dari unsur guru, tenaga kesehatan dan penyuluh pertanian Kabupaten Temanggung. (MC.TMG/tfa;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top