Iklan Layanan Masyarakat

SMK MIPHA Parakan Salurkan Dua Puluh Lulusannya Kerja di Dua Perusahaan

Senin, 10 Jun 2023 09:47:52 509

Keterangan Gambar : SMK MIPHA Parakan Salurkan Dua Puluh Lulusannya Kerja di Dua Perusahaan


Temanggung, Media Center - Sebanyak 20 siswa lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Bhumi Phala (MIPHA) Parakan di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah diterima kerja di PT. Chemco Harapan Nusantara dan PT. Mitrametal Perkasa Cikarang dan Karawang, Jawa Barat.

Siswa tersebut merupakan anak-anak pilihan yang sebelumnya menjalani program magang dan akhirnya dipekerjakan, karena telah memenuhi kualifikasi perusahaan. Di dua perusahaan tersebut, mereka akan bekerja di bagian operator produksi spare part sepeda motor.

Kepala Divisi Hubungan Industri dan BKK, SMK MIPHA Parakan, Meiana Primahati mengatakan, kesempatan kerja yang diberikan PT. Chemco Harapan Nusantara dan PT. Mitrametal Perkasa Cikarang dan Karawang menjadi sebuah kebanggaan dari pihak sekolah. Sebab, kegiatan yang luar biasa ini merupakan kerjasama kolaboratif antar pihak sekolah dengan perusahaan.

Bahkan, pihak sekolah terus berupaya memberikan yang terbaik bagi para peserta didik, maupun lulusannya dengan melakukan kerja sama dengan perusahaan-perusahaan di Indonesia.

"Lulusan tahun 2023 ini sudah lebih dari 100 anak, kini bekerja di beberapa perusahaan di Jabodetabek, Yogyakarta, Magelang dan Temanggung. Bahkan, mereka belum menerima ijazah sudah diberi kesempatan untuk bekerja," katanya, saat ditemui Sabtu (10/6/2023). 

Ia berharap, melalui program kolaborasi sekolah dan perusahaan ini diharapkan lulusan dari SMK MIPHA Parakan dapat diterima di perusahaan. Karena selama mengenyam pendidikan, mereka sudah mendapat teori dan praktik agar mampu mengaplikasikan ke dunia kerja dan siap kerja ketika lulus nanti.

"Kolaborasi ini bukan hanya sekadar mencetak operator dan mekanik saja, namun juga sebagai pintu masuk ke dalam dunia karir. Sehingga lulusan kami dapat berkarir di perusahaan," tegasnya.

Ia mengatakan, program ini menjadi tolak ukur dan menjadi peluang penyerapan sumber daya manusia yang berkelanjutan.

Dengan pemberdayaan anak muda, seperti lulusan SMK ini menjadi solusi dalam pengembangan kompetensi dan peluang tenaga kerja Indonesia.

"Pihak SMK Bhumi Phala kedepan akan lebih banyak menjalin kerjasama dengan perusahaan lainnya, sehingga lulusan kami nantinya dapat terserap bekerja setelah lulus nanti," katanya.

Faris Hartanto, salah satu siswa mengaku bersyukur bisa mendapat pekerjaan diperusahaan. Sebelumnya, dirinya bersama teman lainnya telah magang di LPK Abinaya Kupen, Pringsurat, Temanggung dan MMP Yogyakarta, selama 6 bulan.

"Saya bersyukur setelah lulus langsung mendapat pekerjaan di perusahaan yang sesuai dengan jurusan saya," katanya. (MC.TMG/fir;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top