Iklan Layanan Masyarakat

SKA Kartini Temanggung Buka Peluang Kerja Bagi Disabilitas

Rabu, 18 Agu 2021 14:59:02 552

Keterangan Gambar : Sentra Kreasi Atensi (SKA) Kartini Temanggung, Jawa Tengah amat berperan dalam membuka lapangan kerja bagi kaum disabilitas dan pemerlu layanan sosial lainnya.


Temanggung, MediaCenter - Sentra Kreasi Atensi (SKA) Kartini Temanggung, Jawa Tengah amat berperan dalam membuka lapangan kerja bagi kaum disabilitas dan pemerlu layanan sosial lainnya. Sejauh ini SKA telah mempekerjakan enam orang disabilitas fisik, dua orang disabilitas grahita bersama satu orang ODGJ. 

Iswuryati Rahayu, Pendamping Penerima Manfaat (PM) Atensi, menjelaskan, untuk tenaga kerja dari disabilitas intelektual ada dua orang, keduanya alumni BBRSPDI. Lainnya ada empat orang disabilitas fisik dan satu orang ODGJ. 

"Tetap kita pantau supaya mereka bisa memberikan pelayanan yang baik pada konsumen. Terutama yang ODGJ kan juga harus selalu rutin pengobatan agar kondisi kejiwaannya stabil, sehingga mampu bekerja dengan baik," tutur Rahayu, Rabu (18/8/2021), di Temanggung.

Perempuan yang akrab disapa Yayu ini mengatakan, tenaga kerja disabilitas intelektual yang direkrut harus dengan IQ 50 ke atas, karena harus berhadapan dengan konsumen.

Proses melatih satu orang anak, butuh waktu satu pekan untuk mereka bisa terampil, tentu dengan praktek kerja langsung. Tiap pekerja menerima gaji Rp 600 ribu per bulan. Mereka bekerja dengan sistem shift.

"SKA ini juga sekaligus membuka lapangan kerja bagi disabilitas, karena selama ini peluang kerja untuk mereka sangat terbatas dan kesulitan bersaing kerja dengan orang umum. Banyak orang masih under estimate terhadap disabilitas," pungkasnya. (MC.TMG/ts;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top