Iklan Layanan Masyarakat

Sambut Mudik Lebaran, Seratusan Sopir dan Kru Angkutan Jalani Tes Kesehatan

Kamis, 04 Apr 2024 07:40:15 90

Keterangan Gambar : Sambut Mudik Lebaran, Seratusan Sopir dan Kru Angkutan Jalani Tes Kesehatan


Temanggung, MediaCenter - Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung melakukan pemeriksaan kesehatan dan tes narkoba pada seratus sopir dan kru angkutan mudik Idul Fitri 1445 H, Rabu (3/4/2024).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung dr Intan Pandanwangi mengatakan, pemeriksaan dilakukan di dua tempat, yakni di Terminal Madureso dan garasi PO Safari Dharma Raya (OBL).

"Kami melakukan pemeriksaan kesehatan sopir dan kru, kami memastikan mereka siap kerja dan kondisi kesehatan yang prima," kata dr. Intan Pandanwangi.

Disampaikan pemeriksaan kesehatan dilaksanakan dalam rangka menjaga keselamatan di jalan raya dan mencegah kecelakaan.

"Hasil pemeriksaan ini adalah pengemudi dan kru angkutan yang laik untuk menjalankan tugas, yang kesehatan tidak memungkinkan untuk diobati," imbuhnya.

Dinas Kesehatan memfasilitasi pemeriksaan pengemudi dan kru angkutan, sehingga diketahui kondisi kesehatan mereka.

Pemeriksaan, meliputi kadar gula darah sewaktu, kadar kolesterol, tekanan darah, buta warna dan narkoba.

Diterangkan, selain pemeriksaan kesehatan pihaknya juga memberi edukasi dalam menjaga kesehatan dan memberikan obat-obatan bagi yang sakit. 

"Untuk menjaga stamina, kami juga memberi vitamin," tandasnya.

Kepala BNNK Temanggung AKBP Triatmo Hamardiyono mengatakan, pemeriksaan tes urin penting, sebab akan berbahaya bagi pengemudi yang konsumsi narkoba saat menjalankan kendaraan.

"Hasil pemeriksaan sejauh ini tidak ada yang positif, semoga mereka tidak mengkonsumsi narkoba usai menjalani tes ini," katanya.

Seorang pengemudi Agus Cahyo (47) mengatakan, pemeriksaan kesehatan sangat membantu, karena menjadi mengetahui kondisi badan, sehingga bisa mempersiapkan diri sebelum berangkat.

"Saya berangkat mengemudi Jumat (5/4/2024), saya mendapat vitamin untuk menjaga stamina. Kodisi kadar darah, asam urat dan tekanan darah bagus. Saya juga negatif konsumsi Narkoba," ungkapnya.
 
Ia mengatakan, seharusnya pemeriksaan kesehatan seperti ini minimal 2 kali setahun, namun pihaknya mengapresiasi akan kegiatan tersebut. (aiz;svi;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top