Iklan Layanan Masyarakat

Sambut HUT ke-78 Kemerdekaan RI, Pemkab bersama DPRD Simak Pidato Kenegaraan Indonesia Emas 2045

Jumat, 18 Agu 2023 07:58:53 437

Keterangan Gambar : Sambut HUT ke-78 Kemerdekaan RI, Pemkab bersama DPRD Simak Pidato Kenegaraan Indonesia Emas 2045


Temanggung, MediaCenter - Dalam rangka menyambut HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia, Pemerintah Kabupaten Temanggung beserta DPRD dan jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) mendengarkan bersama Pidato Kenegaraan yang disiarkan langsung dari Gedung Nusantara DPR MPR RI pada Rabu (16/8/2023) bertempat di Ruang Sidang DPRD Kabupaten Temanggung. 

Presiden Joko Widodo dalam Pidato Kenegaraannya menyampaikan, bahwa Indonesia memiliki peluang yang besar untuk mewujudkan Indonesia Emas pada tahun 2045. Selain bonus demografi di tahun 2030-an dimana 68 persen penduduknya usia produktif, Indonesia saat ini juga telah mendapatkan International Trust dari negara-negara lain. Inilah yang menjadi kunci peningkatan produktivitas nasional. 

"Indonesia saat ini punya peluang besar untuk meraih Indonesia Emas di 2045, meraih posisi jadi lima besar ekonomi dunia. Kita punya kesempatan, dan tidak hanya peluangnya saja, tetapi juga strategi meraihnya sudah ada, sudah dirumuskan. Tinggal apakah kita mau memfokuskan energi kita untuk bergerak maju, atau justru membuang energi kita untuk hal-hal yang tidak produktif, yang memecah-belah kita, bahkan yang membuat kita melangkah mundur," tandas Presiden Joko Widodo. 

Sumber Daya Manusia (SDM) dan perluasan lapangan kerja dan hilirisasi ekonomi menjadi strategi utama yang disebutkan oleh Presiden Joko Widodo untuk memaksimalkan produktivitas nasional dalam rangka mencapai Indonesia Emas 2045.

"Peluang tersebut harus mampu kita manfaatkan. Rugi besar kita jika melewatkan kesempatan ini, karena tidak semua negara memilikinya. Sehingga strategi pertama untuk memanfaatkan kesempatan ini adalah mempersiapkan sumber daya manusia Indonesia. Di saat yang sama, SDM yang telah kita persiapkan harus mendapatkan lapangan kerja untuk menghasilkan produktivitas nasional, sehingga kita juga harus mengembangkan sektor ekonomi baru yang membuka lapangan kerja sebanyak-banyaknya dan memberikan nilai tambah sebesar-besarnya," imbuh Presiden RI. 

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Joko Widodo juga menekankan, bahwa estafet kepemimpinan Indonesia kedepan sangat menentukan masa depan Indonesia. Tantangan kedepan akan semakin sulit, sehingga dibutuhkan keberanian dan kepercayaan untuk mengambil keputusan, sehingga pemimpin harus memiliki public trust. 

"Kepemimpinan kedepan sangat menentukan masa depan Indonesia. Ini bukan tentang siapa yang jadi Presidennya. Bukan itu, tapi apakah sanggup atau tidak untuk bekerja sesuai dengan apa yang sudah kita mulai saat ini. Mampu konsisten atau tidak, karena yang dibutuhkan itu adalah nafas yang panjang. Saat ini kita tidak sedang jalan-jalan sore, kita juga tidak sedang lari sprint. Tetapi yang kita lakukan harusnya adalah lari marathon untuk mencapai Indonesia Emas 2045," ungkapnya. 

Ketua DPRD Temanggung, Yunianto, mengajak seluruh peserta Rapat Paripurna DPRD dalam rangka Mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden Peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI Tahun 2023 untuk bersama-sama menggelorakan semangat gotong royong, terus bersinergi dan berkolaborasi untuk turut mewujudkan Indonesia Emas Tahun 2045.

"Perlu kami sampaikan, bahwa secara nasional Peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2023 ini mengambil tema besar, yaitu Terus Melaju untuk Indonesia Maju. Tema HUT RI tahun ini bermakna dengan pencapaian yang telah diraih, menjadikan posisi Indonesia menguntungkan dalam melanjutkan gerak pembangunan negara. Hal ini sebagai landasan yang kuat dalam melanjutkan cita-cita proklamasi. Oleh karena itu, kami mengajak bersama-sama kita gerakkan semangat gotong royong, semangat berkolaborasi, semangat bersinergi, untuk merefleksikan segenap energi dan pikiran untuk mewujudkan semangat Terus Melaju untuk Indonesia Maju," pungkas Ketua DPRD Temanggung. (MC.TMG/nin;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top