Iklan Layanan Masyarakat

Rumuskan Langkah dan Tindak Lanjut Penanganan Stunting Lewat Rembug Stunting

Selasa, 27 Jun 2023 15:22:06 223

Keterangan Gambar : Rumuskan Langkah dan Tindak Lanjut Penanganan Stunting Lewat Rembug Stunting


Temanggung, MediaCenter - Bupati Temanggung HM. Al Khadziq bersama Ketua DPRD Yunianto, menghadiri Rembug Stunting yang dilaksanakan di Balai Desa Pendowo, Kecamatan Kranggan, Temanggung, Selasa (27/06/2023).

Bupati dalam arahannya, menyampaikan terima kasih kepada seluruh kepala desa yang tiap hari telah membelanjakan anggaran untuk program Pemberian Makanan Tambahan (PMT), yang kemudian makanannya diantar ke rumah-rumah sasaran.

Selanjutnya, setelah sebulan dilakukan penimbangan dan pengukuran, hasilnya 80 persen berhasil.

Dari yang 20 persen tersebut, ada yang berat badannya tidak naik, selanjutnya akan dilakukan audit kesehatan, apakah ada penyakit atau ada masalah lain.

“Selama sebulan gerakan ini dilaksanakan, sudah 80 persen berhasil, maka gerakan ini harus kita teruskan. Seluruh kepala desa, Ormas, mari kita ajak seluruh masyarakat terlibat aktif dalam gerakan dapur umum pemberian makanan tambahan sasaran stunting di desa-desa,”  kata Bupati.

Bupati menambahkan, bahwa anak-anak yang mendapatkan program PMT ini, nantinya di tahun 2045 akan menjadi generasi emas, secara fisik bagus dan kognitif juga cerdas, terampil, hebat dan bertaqwa. 

Selanjutnya Bupati berpesan, agar yang dilakukan hari ini, diniatkan sebagai ibadah. Niat untuk membangun generasi, karena anak-anak ini nanti di tahun 2045 akan menjadi pemimpin-pemimpin masyarakat di seluruh Indonesia.
 
"Semoga dengan rembug stunting ini, akan memberikan kontribusi dalam mengevaluasi apa yang sudah jalan, dan menata kembali apa-apa yang masih kurang untuk dirembug. Selanjutnya, untuk dikeluarkan rekomendasi-rekomendasi titik-titik mana, desa-desa mana dan sektor-sektor apa yang masih kurang," tandasnya. 

Kegiatan Rembug Stunting tingkat Kabupaten Temanggung dibuka secara resmi oleh Sekda Harry Agung Prabowo, dilanjutkan paparan dari Kepala Bappeda, Kepala Dinas Kesehatan dan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana. 

Hadir juga dalam kegiatan tersebut, kepala Organisasi Perangkat Daerah, Camat se-Temanggung, Kepala Puskesmas, Kepala Desa dan Lurah se-Kecamatan Kranggan, Ketua Dharma Wanita, Ketua PIAD Temanggung, Ketua PKK, Organisasi masyarakat, dan para relawan. (MC.TMG/Can;Tik;Koes)

Pencarian:

Komentar:

Top