Iklan Layanan Masyarakat

Ratusan Siswa SMP Negeri 2 Pringsurat Antusias Ikuti Sosialisasi INCAKAP

Jumat, 06 Okt 2023 11:34:08 325

Keterangan Gambar : Ratusan Siswa SMP Negeri 2 Pringsurat Antusias Ikuti Sosialisasi INCAKAP


Temanggung, MediaCenter - Pemerintah Kabupaten Temanggung melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) kembali menggencarkan Sosialisasi Bijak Berinternet atau Internet Cerdas, Aktif, Kreatif dan Produktif (INCAKAP) bagi pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP) pada hari Kamis (5/10/2023) bertempat di Taman Budaya SMP Negeri 2 Pringsurat. 

Sosialisasi yang diikuti oleh sekitar 754 siswa yang terdiri atas 8 rombel siswa kelas VII, 8 rombel siswa kelas VIII dan 8 rombel siswa kelas IX ini berlangsung dengan meriah dan penuh antusiasme siswa. 

Wakil Kepala SMP Negeri 2 Pringsurat, Joko Suparno, dalam sambutannya menyampaikan urgensi edukasi pemanfaatan teknologi internet bagi siswa, karena dikhawatirkan, jika siswa tidak tahu batasan-batasan apa yang boleh dilakukan, bisa saja terjerumus kepada hal-hal yang negatif. 

"Kalau kita melihat pemakaian internet di sekolah ini, luar biasa. Walaupun sekolah ini untuk sinyal hanya bisa disupport beberapa provider saja. Oleh karena itu, nanti kamu mohon arahan dari Kominfo tentang bagaimana cara pemanfaatan internet yang baik dan benar untuk kita semuanya, khususnya untuk anak-anaknya. Apalagi zaman sekarang ini dunia internet mengalami kemajuan yang sangat pesat. Jika kita tidak tahu batasan mana yang boleh dan mana yang tidak boleh, maka bisa saja terjerumus kepada hal negatif," tutur Joko Suparno. 

Pranata Komputer Mahir Dinkominfo, Eko Nugroho yang bertindak sebagai narasumber menjelaskan dampak positif dan negatif penggunaan teknologi internet bagi pelajar.

Ia mendorong agar siswa di SMP Negeri 2 Pringsurat dapat memanfaatkan internet untuk menunjang kegiatan akademik, serta memacu potensi yang dimiliki dalam diri siswa. 

"Fenomena saat ini, satu orang bisa menggunakan lebih dari satu gawai. Itu adalah contoh dari perkembangan teknologi sekarang yang sangat luar biasa. Berdasarkan data per Januari 2023, pengguna media sosial dalam kesehariannya rata-rata mengakses media sosial selama tiga jam lebih," jelasnya. 

Selain itu, Eko Nugroho juga memberikan edukasi tentang pentingnya keamanan data pribadi dalam bermedia sosial. Pasalnya, saat ini banyak kejahatan di dunia siber yang dapat merugikan diri sendiri. Maka, pentingnya untuk memilah dan memilih konten apa yang diunggah di media sosial. Posting yang penting, bukan yang penting posting. 

"Buat adik-adik semua jangan sembarang mengunggah foto kalian di media sosial, karena kita tidak tahu siapa lawan kita yang ada di media sosial dan maksud apa di media sosial. Jadi, foto adik-adik semua terutama yang perempuan ini hati-hati dalam mengunggah foto-foto kalian, karena bisa saja disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab. Gunakanlah media sosial kalian dengan baik. Satu pesan yang perlu kalian ketahui adalah share yang penting, bukan yang penting share," pungkasnya. (MC.TMG/nin;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top