Iklan Layanan Masyarakat

Puluhan Atlet Pelajar Ikuti Kejurkab Senam Aerobik dan Gimnastik

Rabu, 02 Mar 2022 15:21:14 1079

Keterangan Gambar : Kejurkab tahun 2022 diselenggarakan selama satu hari, Rabu (2/3/2022) di Tenis Indoor Bambu Runcing, Temanggung dengan dibuka oleh Kepala Dindikpora, Agus Sujarwo, yang juga dihadiri oleh Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan, SDM, Pendidikan dan Kebudayaan, Sri Hariyanto dan Ketua KONI Temanggung, Tomi Eko Kartika.


Temanggung, MediaCenter - Setelah hampir dua tahun vakum dari kegiatan akibat pandemi, Persatuan Senam Indonesia (Persani) Kabupaten Temanggung bekerja sama dengan Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Dindikpora) dan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Temanggung menggelar Kejuaraan Kabupaten (Kejurkab) senam untuk jenis  aerobik gimnastik dan artistik gimnastik.

Kejurkab tahun 2022 diselenggarakan selama satu hari, Rabu (2/3/2022) di Tenis Indoor Bambu Runcing, Temanggung dengan dibuka oleh Kepala Dindikpora, Agus Sujarwo, yang juga dihadiri oleh Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan, SDM, Pendidikan dan Kebudayaan, Sri Hariyanto dan Ketua KONI Temanggung, Tomi Eko Kartika.

Menurut Ketua Persani Kabupaten Temanggung, Asep Satria Dwi, yang ditemui seusai upacara pembukaan, Kejurkab tahun 2022 ini diikuti  33 atlet  yang masih berstatus pelajar dengan memperlombakan dua kategori, yaitu aerobik gimnastik dan artistik gimnastik, baik putra maupun putri. Khusus untuk artistik gimnastik putri dibagi menjadi tiga alat, yaitu lantai, balance beam, dan meja, sedangkan untuk artistik gimnastik putra juga tiga alat, yaitu palang sejajar, lantai dan meja.
 
“Untuk aerobik gimnastik di bagi beberapa kategori, yaitu single putra, putri dan berpasangan,” jelasnya.

Tujuan kejuaraan ini adalah untuk lebih mensosialisasikan dan memasyarakatkan olah raga senam, khususnya aerobik dan gimnastik, agar lebih banyak atlet yang bisa dibina.

“Sehingga ke depan banyak muncul atlet yang bisa mewakili di tingkat provinsi dan nasional,” harapnya. 
Asep mengakui, jika saat ini animo warga untuk menggeluti senam aerobik dan  gimnastik masih sangat kurang. Terlebih lagi dengan adanya pandemi yang menghambat pengurus Persani untuk memasyarakatkan senam aerobik dan  gimnastik, maka dari itu, untuk ke depan akan terus disosialisasikan olahraga senam, khususnya di tingkat pelajar.

“Kami akan terus bekerjasama dengan KONI dan Dindikpora agar olah raga senam aerobik dan gimnastik bisa lebih banyak digemari masyarakat,” katanya.

Ditempat yang sama, Kepala Dindikpora Temanggung, Agus Sujarwo menyampaikan apresiasinya kepada Persani, maupun KONI Temanggung yang telah menyelenggarakan Kejurkab tahun 2022.

“Kita sangat bersyukur setelah beberapa saat tidak bisa event tatap muka, tahun ini kita bisa kejuaraan langsung tatap muka,” katanya.

Agus menambahkan, dengan event tatap muka ini, tentunya akan lebih membuat bersemangat untuk penyelenggara, maupun atlet, dengan semangat yang tinggi harapannya akan muncul atlet-atlet muda yang potensial di cabang olah raga senam.

“Saya yakin dengan banyak event semacam ini, akan banyak muncuk atlet yang bisa berprestasi untuk Kabupaten Temanggung,” harapnya.

Sementara itu, Ketua KONI Temanggung yang diwakili oleh sekretarisnya, Budi Leksono, mengatakan, Kejurkab kali ini diharapkan juga menjadi ajang seleksi pra Porprov senam aerobik dan artistik, sehingga hasilnya terpilih atlet yang potensial mendapatkan medali di Porprov tahun 2023 mendatang.
“Kita optimis atlet-atlet senam Temanggung bisa menambah perolehan medali Porprov mendatang,” katanya.

Keoptimisan itu muncul, Budi melanjutkan, karena di event kejuaraan senam, baik di dalam dan luar Jateng, atlet senam Temanggung selalu pulang dengan membawa medali.

“Ada enam atlet yang berprestasi di provinsi, dan dari enam tersebut, ada lima yang juara satu di Jatim,” terangnya.

Melihat prestasi tersebut, KONI Temanggung meyakini, Persani Temanggung di Porprov tahun 2023 bisa menambah medali untuk Kabupaten Temanggung.

“Porprov kemarin senam hanya menyumbangkan satu perunggu, tetapi kami optimis tahun depan di Porprov bisa lebih banyak mendulang medali,” pungkasnya. (MC.TMG/dn;pde;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top