Iklan Layanan Masyarakat

Polres Temanggung Uji Coba Ujian Praktik Sim C Bentuk Sirkuit

Senin, 07 Agu 2023 15:30:52 521

Keterangan Gambar : Polres Temanggung Uji Coba Ujian Praktik Sim C Bentuk Sirkuit


Temanggung, Media Center - Satuan Lalu Lintas (Satlantas ) Polres Temanggung, Jawa Tengah melakukan uji coba penerapan ujian praktik Surat Izin Mengemudi (SIM) pengendara sepeda motor dalam bentuk sirkuit, Minggu (6/8/2023). 

"Menindaklanjuti kebijakan Pak Kapolri melalui Kakorlantas Polri dan Dirlantas Polda Jawa Tengah yang semula trek atau lintasan ujian SIM, utamanya roda dua yang semula memakai zig-zag dan angka 8, sekarang diganti dengan bentuk sirkuit," kata Kasatlantas Polres Temanggung, AKP Felix, Senin (7/8/2023). 

Ia mengatakan, materi dalam praktik ujian SIM C baru ini salah satunya adalah lintasan berbentuk huruf S. Materi ini dirangkai sedemikian rupa untuk merepresentasikan lintasan selayaknya di jalan raya. 

"Kemudian ada uji berkendara di trek lurus, dan diikuti lintasan putaran balik, dilanjutkan dengan gerakan letter S, dan kemudian bereaksi untuk buang kiri dan ke kanan," imbuhnya.

Bahkan pada bentuk sirkuit ini, ukuran lebar lintasan diperlebar dari ukuran lama, yakni dari ukuran 1,5 kali lebar kendaraan, menjadi 2,5 kali lebar kendaraan. 

Meski dalam bentuk sederhana, namun sirkuit ujian praktik SIM C yang baru ini tetap dirancang untuk menguji kemampuan dasar mengemudi sepeda motor, seperti keseimbangan, pengereman, dan kendali.

"Nanti, jika gagal tetap diupayakan mengulang lagi dan di sini juga dibuka pelatihan atau coaching klinik yang diselenggarakan setiap sore secara gratis," tegasnya. (MC.TMG/fir;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top