Iklan Layanan Masyarakat

Pj. Bupati Resmi Buka Porseni MI Tahun 2023

Kamis, 12 Okt 2023 11:59:37 429

Keterangan Gambar : Pj. Bupati Resmi Buka Porseni MI Tahun 2023


Temanggung, Media Center - Kelompok Kerja Kepala Madrasah Ibtidaiyah (K3MI) Kabupaten Temanggung melaksanakan upacara pembukaan penyelenggaraan Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) Madrasah Ibtidaiyah tahun 2023 di Halaman MAN Temanggung, Rabu (11/10/2023).

Pj. Bupati Temanggung, Hary Agung Prabowo berkesempatan menjadi pembina upacara, sekaligus membuka Porseni Madrasah Ibtidaiyah tahun 2023 yang juga turut dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD Kabupaten Temanggung, Muhammad Amin, Kepala Kemenag Temanggung, Fatchur Rochman, Kepala MAN Temanggung, Rektor INISNU Temanggung, para Kepala MI se-Kabupaten Temanggung, Ketua panitia Muhammad Adip dan pengurus Porseni MI, seluruh tamu undangan dan seluruh peserta dalam kegiatan tersebut.

Ketua Panitia Porseni MI menjelaskan, dasar penyelenggaraan Porseni MI adalah atas dasar keputusan rapat pengurus K3MI Provinsi Jawa Tengah dengan Pengurus K3MI Kabupaten dan Kota se-Provinsi Jawa Tengah. Sebagai Wahana penyalur bakat, minat, pengetahuan, dan keterampilan dalam kegiatan yang menyenangkan, mandiri, silaturahmi, sportifitas, dan bermanfaat, serta maslakhat.

“Tujuan dari penyelenggaraan Porseni MI ini adalah, meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. Memantapkan semangat persatuan, kesatuan, kebersamaan, gotong royong, dan nasionalisme, serta loyalitas terhadap madrasah. Menjaring potensi pelajar Madrasah Ibtidaiyah di bidang olah raga dan seni. Mendorong terbentuknya generasi muda penerus bangsa yang sehat jasmani dan rohani sebagai perwujudan pembangunan Indonesia seutuhnya” katanya. 

“Cabang olah raga terdiri dari 7 cabang, yaitu lari cepat putra dan putri, tolak peluru putra dan putri, loncat jauh putra dan putri, lompat tinggi putra dan putri, bola voly putra dan putri, bulu tangkis putra dan putri, dan tenis meja putra dan putri. Sedangkan cabang seni terdiri dari 4 cabang, yaitu pidato Bahasa Arab, pidato Bahasa Inggris, pidato Bahasa Indonesia dan Tahfidzul Qur'an” pungkasnya.

Adapun waktu dan tempat pelaksanaan kegiatan dilaksanakan pada Rabu (11/10/2023) dan Kamis (12/10/2023), di Stadion Bhumi Phala Temanggung untuk atletik, GOR Makukuhan Kedu untuk bulu tangkis, MAN Temanggung untuk tenis meja, pidato dan Tahfidzul Qur'an, serta Hall KBIH Babussalam Temanggung untuk rebana.

“Untuk peserta Porseni MI sendiri diikuti oleh siswa Madrasah Ibtidaiyah hasil seleksi di tiap kecamatan sejumlah 18 kontingan kecamatan, karena ada 2 kecamatan yang bergabung dengan jumah peserta masing-masing kontingen kecamatan adalah 52 atlet. Total 936 atlet dengan jumlah dewan juri 45 orang. Peserta yang meraih juara 1, 2, dan 3 akan mendapatkan tropy kejuaraan dan piagam penghargaan, dan peserta yang meraih juara 1 berhak mewakili kontingen Kabupaten Temanggung pada event Porseni MI tingkat provinsi besok pada tanggal 3-5 November 2023 di Kabupaten Kendal,” jelasnya.

Pj. Bupati dalam amanatnya menyampaikan, Porseni MI merupakan hal yang sangat penting dan strategis, karena bertujuan untuk memprioritaskan program-program kerja yang nyata, logis, dan terukur keberhasilannya, serta sesuai dengan situasi dan kondisi siswa pada saat ini.

Melalui Porseni MI ini, Pj. Bupati berharap dapat menghadirkan kaderisasi calon-calon pemimpin bangsa yang berakhlaqul karimah, memiliki visi, serta misi keumatan, dan kesejahteraan yang bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Temanggung. 

“Semoga Porseni MI ini mampu memperkuat sinergi antar siswa dan senantiasa menjaga ukhuwah islamiyah, wathoniyah dan basariyah di wilayah Kabupaten Temanggung dengan menebar sebanyak mungkin kemanfaatan untuk umat,” harap Pj. Bupati.

Selanjutnya, hal tersebut juga dapat menjadi sarana sosialisasi kepada masyarakat akan keberadaan MI untuk memajukan pembangunan di Kabupaten Temanggung dengan didukung keberadaan Porseni MI yang bisa menjadi lokomotif gerakan kemajuan bagi MI di Kabupaten Temanggung.

“Dalam hubungan inilah keberadaan MI perlu diberdayakan, serta dioptimalkan untuk pembangunan bangsa dan umat yang wasathon. Saya percaya, sekaligus menaruh harapan besar, semoga kegiatan ini dapat menghasilkan prestasi dan perubahan nyata untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Temanggung,” tandasnya. (MC.TMG/wll;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top