Iklan Layanan Masyarakat

Pj. Bupati Cek Kondisi Kesehatan KPPS yang Alami Sakit

Jumat, 16 Feb 2024 17:00:50 285

Keterangan Gambar : Pj. Bupati Cek Kondisi Kesehatan KPPS yang Alami Sakit


Temanggung, Media Center – Pj. Bupati Hary Agung Prabowo menjenguk kondisi kesehatan anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Desa Getas, Kecamatan Kaloran, serta Kelurahan Giyanti, dan Kelurahan Temanggung II, Kecamatan Temanggung, Jumat (16/02/2024) pagi.

Ketua KPU Temanggung, Henry Sofyan Rois beserta Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Eko Suprapto, Kepala Dinas Kesehatan, dr. Intan Pandanwangi, Camat Temanggung, Herman Santoso, Kepala Puskesmas Temanggung turut hadir dan mendampingi dalam pelaksanaan kegiatan tersebut.

Pj. Bupati mengatakan kepada awak media, kegiatan tersebut bertujuan untuk menindaklanjuti laporan dari KPU Kabupaten Temanggung terkait dengan kondisi kesehatan anggota KPPS yang sakit ketika bertugas pada penyelenggaraan Pemilu tahun 2024 yang sudah berlangsung sebelumnya.

“Alhamdullilah, semua anggota sudah berangsur-angsur membaik kondisi kesehatannya. Saya juga berpesan kepada anggota KPPS untuk cek kembali ke rumah sakit supaya pemulihan kesehatannya bisa termonitor dengan baik dan segera sembuh,” katanya.

Fasilitas kesehatan yang diberikan untuk anggota KPPS seperti yang disampaikan Pj. Bupati juga diberikan dengan penanganan yang khusus, melihat tugas yang diemban oleh anggota KPPS ini juga bertujuan untuk membantu tugas negara dalam mensukseskan gelaran Pemilu tahun 2024 yang berlangsung saat ini.

“Ada penanganan yang khusus terhadap anggota KPPS ini supaya mereka bisa sehat dan pulih kembali dan biayanya gratis, walapun sudah punya BPJS, tapi akan kita gratiskan,” tandas Pj. Bupati.

Selanjutnya, Pj. Bupati mengungkapkan kondisi penyelenggaraan Pemilu secara umum yang ada di Kabupaten Temanggung ini berjalan dengan kondusif dan masyarakat aktif berpartisipasi dalam menyalurkan hak pilihnya.

“Tingkat partisipasi cukup tinggi dibandingkan pemilu 5 tahun yang lalu dan kalau kita hitung bisa menduduki di angka 89 persen di Kabupaten Temanggung ini. Saya ucapkan terima kasih kepada KPU sebagai penyelenggara Pemilu ini dengan sosialisasi yang diberikan kepada masyarakat, sehingga masyarakat dapat berbondong-bondong datang ke TPS untuk melakukan pesta demokrasi dan terima kasih untuk masyarakat untuk partisipasinya, sukses untuk Kabupaten Temanggung,” tandas Pj. Bupati Temanggung. 

Ketua KPU menambahkan, anggota KPPS yang sakit berdasarkan laporan yang diterima hingga saat ini berjumlah 5 orang dan kondisinya sudah berangsur membaik. Adapun penurunanan kesehatan anggota KPPS tersebut disebabkan oleh faktor kelelahan.

“Harus bekerja dari pagi sebelum subuh, sampai dengan malam hari ini yang mengakibatkan anggota KPPS kelelahan, sehingga kondisi kesehatannya menurun dan akhirnya sakit,” terangnya.

Ketua KPU Temanggung juga menyampaikan jumlah anggota KPPS yang mengalami penurunan kondisi kesehatan pada Pemilu tahun 2024 ini jauh menurun dibandingkan Pemilu 5 tahun lalu, mengingat pada saat itu terdapat 35 anggota KPPS yang mengalami penurunan kesehatan dan 1 anggota KPPS yang meninggal dunia.

“Alhamdulillah, dari 5 orang yang jatuh sakit ini termasuk golongan penyakit yang ringan dan tidak parah,” pungkasnya. (Wll;Chy;Ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top