Iklan Layanan Masyarakat

Pj. Bupati Berharap Peran para Dokter dalam Penurunan Angka Stunting

Minggu, 28 Jan 2024 13:28:09 179

Keterangan Gambar : Pj. Bupati Berharap Peran para Dokter dalam Penurunan Angka Stunting


Temanggung, Media Center - Pj. Bupati Hary Agung Prabowo, Ketua DPRD Yunianto, Dandim 0706 Temanggung Letkol Inf. Sriyono menghadiri pelantikan pengurus Ikatan Dokter Indonesia (IDI) cabang Temanggung periode 2023-2026.

Berdasarkan Surat Keputusan Pengurus Besar IDI nomor  2084/PB/A.4/05/2023 sebanyak 61 orang pengurus IDI cabang Temanggung masa bakti 2023-2026 dilantik di Pendopo Jenar, Komplek Kantor Bupati Temanggung, Sabtu (27/01/2024) siang, oleh Ketua Umum IDI Wilayah Jawa Tengah, Dr. Djoko Handojo.

Dalam peranannya, IDI sebagai organisasi profesi dokter bertanggung jawab terhadap mutu pelayanan dokter, yaitu melalui pemenuhan standar profesi dengan standar kode etik menjadi salah satu unsurnya dalam pelayanan seorang dokter. Hal tersebut disampaikan Pj. Bupati ketika memberikan arahan.

"Saya berpesan kepada pengurus yang baru saja dilantik agar bekerja dengan semaksimal mungkin, berintegritas tinggi, dan jaga sikap profesionalisme, sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh semua kalangan masyarakat. Bekerja dengan sepenuh hati, tulus dan ikhlas, saling kerjasama antara dokter dan pemerintah guna terciptanya pelayanan kesehatan yang harmonis di Kabupaten Temanggung," kata Pj. Bupati. 

Labih lanjut, Pj. Bupati mengajak para dokter yang ada di Temanggung untuk mendukung program prioritas yang sedang dilaksanakan, antara lain pengentasan kemiskinan ekstrim dan penurunan angka stunting. Perlunya peran dokter untuk pengentasan stunting, agar di tahun 2024 bisa sesuai target, yaitu turun di angka 10%.

"Menurut hasil pendataan Dinkes, angka stunting saat ini 13,9%. Dengan bantuan para dokter semuanya di sini, pada tahun 2024, saya prediksi turun pada angka 10%. Ini komitmen bersama antara jajaran pemerintah, legislatif, Forkopimda dan seluruh dokter di Temanggung. Mari bersama-sama agar angkanya turun," harapnya. 

Ketua IDI Wilayah Jawa Tengah, Dr. Djoko Handojo mengapresiasi Pemkab Temanggung yang sudah memfasilitasi, baik tempat, maupun waktu. Hal ini menjadi
pertanda, bahwa antara pengurus IDI Cabang Temanggung dan pemerintah daerah tercipta hubungan baik, saling kerjasama, serta mengayomi, guna terciptanya pelayanan kepada masyarakat yang optimal.

"Saya berpesan kepada pengurus IDI Temanggung agar selalu menjaga kode etik dan disiplin. Harus banyak melakukan inovasi dan modifikasi. Tentunya tidak boleh meninggalkan kode etik, tetap jaga disiplin dalam tugas-tugas pelayanan, yang sebetulnya pelayanan itu dasarnya adalah pendidikan, maka hati-hati dalam melaksanakan pelayanan," ungkap Dr. Djoko. 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Pj. Ketua TP PKK Kabupaten Temanggung, Indira Agung Prabowo, Kepala Dinas Kesehatan, Direktur RSUD Djojonegoro, Kepala BPJS, Direktur RSK Ngesti Waluyo, perwakilan dari Polres dan Organisasi Profesi di Temanggung. (Tfa;Chy;Ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top