Iklan Layanan Masyarakat

Perlu Sinkronisasi Program dalam Penyusunan RKPDes

Rabu, 06 Okt 2021 16:28:27 572

Keterangan Gambar : Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Temanggung melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinpermades) kembali menggelar acara Workshop Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) Tahun 2022, Rabu (6/10/2021)


Temanggung, MediaCenter – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Temanggung melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinpermades) kembali menggelar acara Workshop Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) Tahun 2022, Rabu (6/10/2021), di Banaran Coffee and Tea, Gemawang, Kecamatan Jambu, Kabupaten Semarang dengan peserta workshop 14 desa se-Kecamatan Pringsurat, Kabupaten Temanggung, 

Hadir dalam pembukaan acara, Wakil Bupati Temanggung, Heri Ibnu Wibowo dan Camat Pringsurat, Agus Sri Sudiyanto.

Dalam kesempatan tersebut, Wabup menyampaikan hal-hal yang dibutuhkan oleh desa terkait penyusunan RKPDes, yakni pentingnya perencanaan dari masyarakat, apresiasi dari masyarakat, masyarakat harus diajak berdiskusi lalu tercipta musyawarah dalam mengambil keputusan.

Kemudian, penyampaian dana yang cepat dan tepat, target dan sasaran yang bermanfaat. Wabup menegaskan agar anggaran yang ada di desa tidak dipakai untuk kegiatan yang sifatnya seremonial, keterbukaan informasi, jadi desa diharap bisa menyebarluaskan informasi-informasi keuangan desa. Pelaksanaan yang jujur dan akuntabel, dan yang terakhir adalah pelestarian program. 

Wabup juga menyinggung sinkronisasi program masyarakat desa yang kadang belum sinkron dengan instruksi dari pemerintah pusat.

“Kebutuhan disetiap desa kadangkala tidak sinkron dengan instruksi dari pusat, contohnya saja dengan adanya sekolah inpres yang digabungkan dengan model sekolah dengan pembelajaran saat ini, namun hasilnya sama saja tetap tidak sinkron. Selanjutnya masyarakat desa yang menemukan cara sendiri untuk memenuhi kebutuhan mereka sendiri,” ungkap Wabup.

Wabup juga berharap, masyarakat dengan rasa “Handarbeni” akan ikut memelihara dan ikut membangun masyarakat desa agar tercipta kesejahteraan disetiap desa. (MC.TMG/fn;sry;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top