Iklan Layanan Masyarakat

Peringatan Hari Anak Nasional 2023, Bupati Temanggung Titipkan Tiga Pesan Penting

Jumat, 28 Jul 2023 15:52:09 302

Keterangan Gambar : Peringatan Hari Anak Nasional 2023, Bupati Temanggung Titipkan Tiga Pesan Penting


Temanggung, MediaCenter - Bupati bersama dengan Forkopimda Kabupaten Temanggung menghadiri Peringatan Hari Anak Nasional yang diperingati setiap tanggal 23 Juli. Acara Hari Anak Nasional Tahun 2023 terselenggara pada Kamis (27/7/2023) bertempat di Pendopo Pengayoman Temanggung. 

Peringatan Hari Anak Nasional Tahun 2023 ini merupakan hasil kerja sama yang apik dari Forum Anak Temanggung (FAKTA), dimana seluruh anggotanya adalah anak-anak. 

Bupati Al Khadziq mengapresiasi gelaran peringatan Hari Anak Nasional Tahun 2023, karena sebelum memasuki tempat acara, Bupati beserta rombongan dikawal oleh pasukan tari kuda lumping mengelilingi stand-stand yang ada di halaman Pendopo Pengayoman tersebut. 

"Peringatan Hari Anak Nasional Tahun 2023 berlangsung dengan sempurna dan semuanya hebat. Sejak awal tadi Pak Bupati dan tamu undangan sudah dikawal dengan pasukan berkuda keliling pendopo dulu melihat stand-stand. Namanya juga Hari Anak Nasional, stand-standnya menjual mainan anak, makanannya yang dijual makanan anak, pakaiannya yang dijual juga pakaian anak. Semuanya serba untuk anak-anak, karena hari ini adalah pestanya anak-anak," tutur Bupati.

Forum Anak Temanggung secara kolektif menampung aspirasi anak-anak yang tertuang dalam Suara Anak Temanggung. Setidaknya terdapat enam poin yang suara dibacakan di hadapan Bupati dan seluruh tamu undangan, yaitu :
1. Meminta kepada Pemerintah untuk meningkatkan kampanye yang melibatkan pendidikan masyarakat dan berkelanjutan untuk menyelesaikan masalah perkawinan anak dan rehabilitasi narkoba;
2. Memohon kepada Pemerintah agar diberikan fasilitas Parenting Education kepada orang tua melalui forum masyarakat terhadap permasalahan stunting;
3. Mengajak Pemerintah untuk bekerja sama secara intensif dalam peningkatan, serta penguatan pendekatan terkait pengawasan anak di masyarakat dalam berbagai bentuk pelanggaran dan kekerasan termasuk intimidasi dan bullying;
4. Meminta kepada Pemerintah untuk menambah dan memaksimalkan sarana dan prasarana yang mendukung kesetaraan akses untuk mengembangkan potensi anak-anak berkebutuhan khusus dan peningkatan perawatan taman, serta fasilitas ramah anak;
5. Meminta kepada Pemerintah untuk berkolaborasi secara intensif bersama komunitas dan lembaga terkait dalam pengembangan potensi dan bakat anak;
6. Memohon kepada Pemerintah untuk memberikan fasilitas tempat khusus merokok di setiap fasilitas yang diakses oleh anak. 

Menanggapi enam poin dalam Suara Anak Temanggung tersebut, Bupati berharap kepada seluruh anak, orang tua, dan pihak-pihak terkait untuk sebesar-besarnya memberi ruang tumbuh dan berkembang kepada anak, serta memenuhi semua hak-hak anak. 

"Semoga dengan perayaan Hari Anak Nasional ini, pertama, bisa menambah semangat anak-anak Temanggung untuk maju, giat belajar, giat berlatih, giat bersosialisasi, giat berorganisasi untuk nanti maju menjadi anak-anak yang hebat semua. Yang kedua, semoga bapak-bapak dan emak-emaknya di seluruh Kabupaten Temanggung semakin meningkat kesadarannya untuk memberikan ruang yang lebih besar bagi anak-anak untuk tumbuh dan berkembang. Yang ketiga, semoga bisa membuka wawasan publik dan seluruh pengambil kebijakan di Kabupaten Temanggung untuk lebih memberikan ruang dan mementingkan hak-hak seluruh anak untuk tumbuh dan berkembang," tandas Bupati. (TMG/nin;rin;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top