Iklan Layanan Masyarakat

Penerima PKH Didorong Mandiri Melalui Usaha Ekonomi Produktif

Rabu, 14 Jun 2023 07:46:27 284

Keterangan Gambar : Penerima PKH Didorong Mandiri Melalui Usaha Ekonomi Produktif


Temanggung, MediaCenter - Bupati Temanggung, HM. Al Khadziq memberikan materi pada kegiatan Bimbingan Pemantapan Usaha Ekonomi Produktif (UEP) Rintisan Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Program Keluarga Harapan (PKH) yang diselenggarakan Dinas Sosial Kabupaten Temanggung, di Taman Kali Progo, Selasa (13/06/2023). Kegiatan diikuti oleh penerima PKH dari Kecamatan Kandangan dan Temanggung. 

Bimbingan dilaksanakan dalam rangka memberikan pemantapan kepada peserta dalam menjalankan usaha ekonomi produktif KUBE di lingkungan penerima bantuan PKH. Selain itu, peserta juga diharapkan punya semangat untuk  bangkit, dan merubah nasib, sehingga memiliki ketahanan ekonomi ketika suatu saat tidak lagi mendapat bantuan PKH.

Bupati menyampaikan, para penerima PKH dikumpulkan dalam usaha ekonomi produktif, satu kelompok yang terdiri dari 20 KK akan diberikan bantuan permodalan senilai 10 juta rupiah untuk merintis usaha. Di Temanggung terdapat setidaknya 1200 KUBE, di tahun sebelumnya, bantuan sudah diberikan kepada 250 KUBE dan tahun ini akan diberikan lagi kepada 250 KUBE. Bantuan ini bertujuan agar penerima punya usaha sendiri, sesuai dengan kondisi dan peluang ekonomi di lingkungan masing-masing.

“Bisa usaha peternakan kambing, atau bikin warung, makanan olahan, penjahit, ternak ayam, ternak kelinci, apa saja bisa dilakukan sesuai karakter masing-masing. Setelah usaha berjalan, keuntungannya bisa dikumpulkan dan dibagi dengan kelompok, sesuai kesepakatan kelompok. Sebagian lagi bisa digunakan untuk tambahan modal usaha, sehingga semakin lama usahanya semakin besar. Saya minta pendamping PKH untuk menjadi fasilitator,” kata Bupati. 

Lebih lanjut disampaikan Bupati, dari pengalaman tahun lalu, banyak cerita sukses dari 250 KUBE penerima bantuan. Dari usaha yang dijalankan bisa menghasilkan keuntungan setiap bulannya.

“Yang penting tekun, dijalani, InsyaAllah akan sukses, karena kunci sukses adalah kerja keras,” pungkasnya. (MC TMG/sv;chy;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top