Iklan Layanan Masyarakat

Pemkab Temanggung Tambah Pasokan LPG Selama Panen Tembakau 30 Ribu Tabung

Rabu, 02 Agu 2023 15:27:49 322

Keterangan Gambar : Pemkab Temanggung Tambah Pasokan LPG Selama Panen Tembakau 30 Ribu Tabung


Temanggung, Media Center - Pemerintah Kabupaten Temanggung menambah kuota LPG 3 kilogram untuk memenuhi ketersediaan pasokan selama musim panen tembakau.

Kepala Bagian Perekonomian, Sekretariat Daerah Kabupaten Temanggung Fita Parma Dewi mengatakan, memasuki masa panen tembakau tahun 2023, pihaknya berkoordinasi dengan pertamina regional Semarang untuk memastikan ketersediaan pasokan LPG 3 kilogram. 

Sebab, permintaan LPG 3 kilogram selama musim panen tembakau biasanya meningkat. Kenaikan dari bulan biasanya berkisar pada 5 sampai 6 persen.

“Pada bulan biasa di luar musim panen tembakau permintaan mencapai 2300 an matrik ton, kemudian kalau memasuki masa panen tembakau, khususnya Agustus bisa mencapai 2500 an matrik ton. Sehingga kenaikan bisa mencapai 30.000 tabung LPG 3 kilogram selama musim panen. Ini kami melihat di tahun lalu, trennya seperti itu,” katanya, Rabu (2/8/2023) di Temanggung.

Ia mengatakan, kenaikan paling tinggi tahun lalu terjadi pada Agustus, sementara September sudah mulai turun kembali. Fita menjelaskan, LPG tersebut bukan digunakan untuk industri tembakaunya, tetapi karena banyaknya tenaga kerja yang terlibat dalam pertembakauan. 

Sehingga kebutuhan konsumsi, masak-memasak juga meningkat. Karena pengolahan tembakau berlangsung sehari penuh, dari pagi sampai pagi lagi. 

Pihaknya selalu mengkoordinasikan dengan pertamina ataupun ESDM apabila ada perubahan kuota. Supaya tersedia dan tidak ada kekurangan atau kelangkaan.

“Di Temanggung ada 26 agen dan 1012 pangkalan tersebar di 20 kecamatan se-Temanggung. Persebaran penjualan tertinggi ada di daerah sentra tembakau,” jelasnya.

Kuota LPG 3 kilogram di Kabupaten Temanggung tahun 2023 sejumlah 27.046 matrik ton atau 9 juta tabung. Dengan harga eceran tertinggi Rp 15.500 per tabung untuk pembelian langsung di agen. (MC.TMG/fir;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top