Iklan Layanan Masyarakat

Pemkab Temanggung Canangkan Kesatuan Gerak PKK Bangga Kencana Kesehatan untuk Tekan Angka Stunting

Kamis, 23 Nov 2023 15:01:19 303

Keterangan Gambar : Pemkab Temanggung Canangkan Kesatuan Gerak PKK Bangga Kencana Kesehatan untuk Tekan Angka Stunting


Temanggung, MediaCenter – Pemerintah Kabupaten Temanggung mencanangkan Kesatuan Gerak PKK Bangga Kencana Kesehatan dalam rangka memperingati Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK dengan memberikan layanan KB implan dan IUD untuk menekan angka kelahiran terkait stunting yang digelar pada Rabu (22/11/2023) bertempat di Halaman Puskesmas Parakan, Temanggung. 

Layanan KB implan dan IUD menyasar sejumlah 208 ibu yang tersebar dalam tujuh lokasi khusus, yakni meliputi wilayah Kecamatan Parakan, Kedu, Candiroto, Bulu, Kledung, Bansari, dan Gemawang. Hingga sesaat sebelum acara dimulai, tercatat sudah ada 110 orang yang mendaftar di Puskesmas Parakan dan khusus untuk Kecamatan Kedu terdapat 58 orang yang telah mendaftar di Praktek Bidan Mandiri wilayah Kedu.

Pj. Ketua TP PKK Temanggung, Indira Prasmini Agung Prabowo yang ditemui seusai acara seremoni menuturkan tujuan dari Pencanangan Kesatuan Gerak PKK Bangga Kencana Kesehatan adalah untuk meningkatkan cakupan dan kualitas pelayanan program Bangga Kencana dan percepatan penurunan stunting melalui pemberdayaan masyarakat dan kerjasama lintas sektor.

“Terkait dengan Hari Kesatuan Gerak PKK, hari ini dalam rangka itu kami mengadakan pencanangan HKG. Tujuan kami adalah untuk menekan kelahiran anak yang terjadi dan terkait dengan stunting di Temanggung. Untuk itu, kami bersama-sama dengan dinas terkait untuk bisa menekan angka kelahiran dengan cara memberikan layanan KB implan dan IUD. Terdapat 7 lokus, di sini terdapat 110 penerima dan ada 58 penerima lainnya di wilayah Kedu,” tuturnya.

Indira Prasmini mengajak kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Temanggung untuk bersama-sama menyukseskan program Keluarga Berencana guna mencapai keluarga yang bahagia dan sejahtera. 

“Kami tentu berharap kedepannya, bahwa Temanggung ini bisa menjadi kabupaten yang sesuai dengan program pemerintah, yaitu Keluarga yang Berencana, Keluarga yang Bahagia, Keluarga yang Sejahtera dengan mengikuti program KB, yaitu dua anak cukup. Seluruh masyarakat Kabupaten Temanggung, utamanya kaum wanita, ayo kita bersama-sama menyukseskan program pemerintah terkait dengan penekanan kelahiran anak. Ayo jangan sungkan dan jangan malu-malu untuk melakukan KB. Kami dari Puskesmas, dari PKK siap melayani anda semuanya,” tandas Pj. Ketua TP PKK Temanggung.

Pj. Bupati Temanggung, Hary Agung Prabowo hadir langsung bersama dengan jajaran Forkopimda Kabupaten Temanggung. Dalam arahannya, Pj. Bupati menyampaikan seruan untuk bersama-sama menekan angka stunting di Kabupaten Temanggung guna meningkatkan kualitas pembangunan keluarga, kependudukan, dan keluarga berencana.

“Kedepan dalam rangka menekan laju pertumbuhan penduduk yang idealnya adalah dua anak harus kita lakukan. Sehingga anak-anak kita menjadi anak-anak yang sehat, kuat, dan cerdas. Satu hal, memang gerakan kita bagaimana caranya kita untuk menurunkan angka stunting dan ibu hamil KEK. Poin tersebut bisa diterjemahkan ke dalam program kegiatan yang bisa dilakukan oleh beberapa dinas, maupun organisasi, sehingga tujuan dari Bangga Kencana Kesehatan untuk meningkatkan pembangunan keluarga, kependudukan, dan keluarga berencana dapat terwujud. Oleh karena itu, kami berharap kepada seluruh elemen dan stakeholder yang ada di sini, mari kita bergerak bersama menangani stunting agar di Kabupaten Temanggung zero stunting,” tandas Pj. Bupati Hary Agung Prabowo. (MC.TMG/nin;wll;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top