Iklan Layanan Masyarakat

Pedagang Pasar Kliwon Temanggung Gelar Kirab dan Umbul Donga

Kamis, 03 Agu 2023 19:42:56 739

Keterangan Gambar : Pedagang Pasar Kliwon Temanggung Gelar Kirab dan Umbul Donga


 Temanggung, Media Center - Ratusan pedagang di Pasar Kliwon Rejo Amertani Temanggung, Jawa Tengah menggelar kirab dan umbul donga tri tirta suci sendhang kasih pada Kamis (3/8/2023). 

Kepala Dinas Koperasi, UMKM dan Perdagangan (Dinkopdag) Temanggung, Entargo Yutri Wardono mengatakan, tradisi yang baru pertama kali digelar ini diawali dengan kirab gunungan berisi sayur mayur keliling pasar. Tradisi ini merupakan wujud syukur dan permohonan keselamatan, serta kelancaran rejeki bagi seluruh warga pasar. 

"Diharapkan dengan adanya wilujengan atau selamatan ini, nantinya Pasar Kliwon Temanggung akan semakin ramai seperti jaman dulu, pasar tradisional akan lebih banyak dikunjungi oleh para konsumen," katanya.

Ia mengatakan, berkah dari tradisi ini kegiatan jual beli di Pasar Kliwon Temanggung berjalan lancar dan aman. Sehingga pasar kembali ramai dan pedagang mendapat keuntungan berlipat.

"Selain pasar ramai dan pedagang mendapat keuntungan, yang terpenting adalah  tercipta kebersamaan dan kerukunan dari seluruh warga Pasar Kliwon Temanggung," imbuhnya.

Dinkopdag Temanggung juga mengajak kepada seluruh warga pasar agar menjaga kebersihan dan ketertiban. Sehingga dengan kondisi pasar yang baik, akan menarik minat masyarakat untuk berbelanja di pasar-pasar tradisional di Temanggung.

Nur Wahyu Ningsih (51) salah seorang pedagang menaruh harapan agar kedepannya pembeli, maupun konsumen di Pasar Kliwon Temanggung ini semakin ramai. 

"Kami melakukan doa bersama agar diberi keselamatan, kesehatan dan kelancaran rezeki. Mudah-mudahan kedepan, jual beli di pasar memberikan keuntungan lagi bagi para pedagang yang setiap hari berjualan di sini,"pungkasnya. (MC.TMG/fir;tik;nug;koes)

Pencarian:

Komentar:

Top