Iklan Layanan Masyarakat

Pecinta Kucing dan Anjing, Antusias Peringati World Rabies Day 2023

Senin, 08 Okt 2023 13:26:26 366

Keterangan Gambar : Pecinta Kucing dan Anjing, Antusias Peringati World Rabies Day 2023


Temanggung, MediaCenter - Memperingati World Rabies Day 2023, Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kabupaten Temanggung menarget vaksinasi rabies sebanyak 500 dosis. Hal ini dilakukan sebagai gerakan bersama untuk mewujudkan Indonesia bebas rabies di tahun 2030. Kegiatan ini dilakukan serentak di seluruh Indonesia, termasuk di Kabupaten Temanggung.

Vaksinasi Rabies di Kabupaten Temanggung dilaksanakan di Puskeswan Mungseng Temanggung pada Sabtu (7/10/2023), dan City Walk Car Free Day Temanggung pada Minggu (8/10/2023).

Drh. Esti Dwi Utami, Ketua PDHI Cabang Jateng III menuturkan, animo dari masyarakat yang membawa anjing dan kucingnya untuk vaksinasi cukup tinggi, yaitu 198 kucing dan anjing dan di hari sebelumnya 73 ekor.

“Vaksinas rabies ini sebenarnya harus simultan dengan pengendalian populasi, berupa sterilisasi bagi anjing, kucing, dan kera betina, maupun jantan. Kegiatan sterilisasi ini kita butuh dukungan masyarakat sebagai owner atau pemilik dari hewan kesayangan tersebut, karena program kita baru divaksinasi rabies yang gratis. Rabies ditularkan dari hewan-hewan liar, maka harus simultan antara vaksinasi dan pengendalian populasi,” ungkapnya.

Ia berharap, ada public awareness atau kewaspadaan, tetapi tidak sampai kepada kepanikan, waspada dengan tahu dan melakukan sesuatu untuk mencegah dan mengendalikan kasus rabies di Indonesia, khususnya di Temanggung dan Jawa Tengah.

Temanggung saat ini bebas rabies, namun masih terdapat kasus gigitan selama tahun 2022 sebanyak 14 kasus. Sedangkan laporan kasus hingga September 2023 terdapat 56 kasus yang tersebar di 16 kecamatan di Kabupaten Temanggung.

“Rabies termasuk salah satu penyakit zoonosis atau penyakit yang lazim di hewan, tetapi bisa menginfeksi manusia yang terjadi di anjing, kucing dan kera, maka hewan tersebut harus kita jaga kesehatan dan kesejahteraannya, sehingga hewan yang sehat akan menjadikan pemiliknya bahagia, dan ketika kita bahagia, maka kita juga akan lebih produktif dalam bekerja dan berkarya,” pungkasnya. ( MC.TMG/Eknu;Sv;Ekape)

Pencarian:

Komentar:

Top