Iklan Layanan Masyarakat

Pastikan Keberlanjutan, USAID IUWASH Adakan Evaluasi Pembangunan Akses Air Minum dan Sanitasi Aman

Minggu, 21 Jan 2024 13:43:49 321

Keterangan Gambar : Pastikan Keberlanjutan, USAID IUWASH Adakan Evaluasi Pembangunan Akses Air Minum dan Sanitasi Aman


Temanggung, MediaCenter - Kabupaten Temanggung menjadi salah satu kota/kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang menjadi mitra kerjasama USAID IUWASH Tangguh 2022-2027 dalam rangka peningkatan akses air minum dan sanitasi aman, serta perilaku hygiene masyarakat. Terdapat 2 (dua) desa yang disepakati menjadi lokasi intervensi bersama, yaitu  Desa Pendowo Kecamatan Kranggan dan Desa Rowo Kecamatan Kandangan.

Di kedua desa tersebut terdapat KSM (Kelompok Swadaya Masyarakat) yang menjadi mitra binaan USAID IUWASH Tangguh, yaitu KSM Pendowo Tangguh dan KSM Sehat Bersama. Pada perkembangannya, di akhir tahun 2023, kedua KSM tersebut mendapatkan dukungan pendanaan alternatif dalam program pembangunan sanitasi aman di wilayah kerjanya masing-masing. 

Kerjasama ini potensial untuk berlanjut pada tahun 2024 ini apabila pada kerjasama yang telah berlangsung dinilai berhasil, baik dari sisi penilaian para pihak yang bekerjasama, maupun dampak yang dihasilkan dari program kerjasama ini. Untuk mengetahui hal tersebut, USAID IUWASH Tangguh melaksanakan monitoring dan evaluasi terhadap kerjasama Program Peningkatan Akses Air Minum dan Sanitasi Aman, serta Perilaku Hygiene bersama 2 KSM mitra binaan USAID IUWASH Tangguh. Kegiatan dibuka oleh Kepala Bappeda Kabupaten Temanggung Dwi Sukarmei, di Jambu Klutuk Resort Parakan Temanggung, Jum’at (19/1/2023).

Pada kesempatan tersebut dilaksanakan diskusi dan paparan oleh kedua KSM dengan melibatkan OPD terkait antara lain Bappeda, Dinas Kesehatan, Dinas PUPR, Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup, serta Baznas Temanggung dan Sektor Swasta Mitra KSM.

Kepala Bappeda Dwi Sukarmei berharap, program USAID IUWASH Tangguh bisa terus berkelanjutan. Program kegiatan yang sudah dilaksanakan di lokasi intervensi juga diharapkan bisa direplikasi di lokasi lainnya. 

“Terimakasih kepada USAID IUWASH Tangguh dan seluruh mitra, semoga melalui program ini bisa berjalan lebih baik lagi di tahun 2024 ini, untuk mewujudkan Kabupaten Temanggung yang lebih maju,” ungkapnya.

Muhamad Irfan, Private Sector Engagement and Innovative Finance Specialist  USAID IUWASH Tangguh  menyampaikan, di tahun 2023 Desa Rowo dan Pendowo mendapat dukungan kerjasama pendanaan alternatif untuk membangun 28 sanitasi aman berupa jamban. Dari hasil evaluasi para penerima sudah bisa memanfaatkan fasilitas jamban tersebut. 

“Kita mendapatkan dukungan penuh dari Pemerintah Kabupaten Temanggung, di tahun 2024 ini kita juga rencanakan membangun seratus jamban lebih, dengan dukungan dari Baznas dan beberapa pihak swasta,” ungkapnya.

Menurutnya, diperlukan kesadaran masyarakat untuk turut menyukseskan program sanitasi aman dan perilaku hygiene.

“Diharapkan di tahun ini akan terjadi replikasi dan penyebaran KSM baru untuk mendampingi pemerintah dalam pembangunan untuk kesehatan masyarakat,” pungkasnya. (sv;eknu;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top