Iklan Layanan Masyarakat

Paskibraka Kabupaten Temanggung tahun 2019 Dikukuhkan.
Umum Sosial Kebudayaan Dan Pariwisata Pendidikan Ekonomi INSANIF PUSKOMKREF Sistem Informasi Desa (SID) PPID STATISTIK INFORMATIKA KOMUNIKASI KOMINFO Agenda OPD SEPUTAR TEMANGGUNG BERITA NASIONAL hoax terkini


admin 15 Agu 2019 72
Blog single photo

Temanggung, Media Center – Upacara pengukuhan para anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka Kabupaten Temanggung telah resmi dilaksanakan oleh Bupati Temanggung di Pendopo Pengayoman Kabupaten Temanggung, Rabu (14/8/2019).
Selain Bupati Temanggung, yang menjadi pemimpin upacara pengukuhan, acara tersebut juga dihadiri oleh Forum Koordinasi Pemimpin Daerah, Kepala Sekolah dan juga pelatih dari Kodim Temanggung. Pelatihan Paskibraka dimulai dari seleksi ke sekolah SMK dan SMA seluruh wilayah Kabupaten Temanggung selama 5 hari. Seleksi tahap 2 merupakan seleksi jasmani dan seleksi akademik. Seleksi selanjutnya, seleksi ditingkat pusat Kabupaten.
Pelatihan dilakukan kurang lebih 1 bulan setelah proses seleksi yang meliputi pelatihan fisik, mental, Pendidikan Baris Berbaris dan Peraturan Penghormatan Militer. Setelah pelatihan, dilakukan aplikasi di lapangan mulai dari latihan awal sampai latihan akhir dan puncaknya dilaksanakan upacara pengukuhan di Pendopo Pengayoman.
“Dalam pelatihan pasti ada kendala karena dari aspek yang berbeda. Satu sisi, sudah afa yang terlatih karena sudah terbiasa berlatih di sekolahnya, tetapi masih ada anak yang belum terbiasa karena di sekolahnya juga jarang melakukan latihan. Jadi kita disini juga membantu menyamakan persepsi.” Ulas Kapten Infantri Asrori Pasiops Kodim 0706 Temanggung.
Dalam sambutannya Bupati Temanggung, berharap kepada anggota Paskibraka agar hasil pendidikan dan pelatihan yang telah dilaksanakan selama ini dapat menjiwai sikap dan perilaku keseharian, sehingga dapat menjadi contoh dan tauladan bagi pelajar dan generasi muda lainnya yang berada di lingkungannya.
“Kalian tentunya merupakan putra putri terbaik Temanggung yang telah dinyatakan lulus seleksi dengan berbagai proses dan tahapan yang harus dilalui. Hal ini merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan bagi kalian, orang tua dan tentunya nama baik sekolah dengan terpilihnya kalian sebagai anggota paskibraka. Menunjukan bahwa kalian memiliki kemampuan dan memenuhi persyaratan berupa ketahanan fisik yang prima, postur tubuh yang sesuai, mental dan moralitas yang baik, serta disiplin yang tinggi.”, tambah M Al Khadziq.
Salah satu siswa yang termasuk dalam pasukan Paskibraka menceritakan perasaannya ketika terpilih sebagai salah satu anggota Paskibraka terpilih Kabupaten Temanggung. Rasa senang dan rasa bangga tersirat dalam setiap kalimatnya.
“Untuk pelatihan, karena kita dari berbagai penjuru, dari sekolah-sekolah yang berbeda. Langkah pertama yang dilakukan adalah melalui pendekatan dalam artian kita saling berkenalan terlebih dahulu serta menyamakan langkah atau mindset dan diajari untuk setiap kegiatan dilakukan dengan baik dan benar. Untuk pelatihan total 1 bulan. Untuk persiapan, besok pagi ada pelatihan gladi bersih, mencuci PDO, setrika dan butuh kekompakan lagi serta dukungan dari keluarga, pelatih dan pihak lainnya.”, ulas Age Reza Setiawan, siswa SMA Negeri 2 Temanggung yang menjadi salah satu pengibar bendera pada tanggal 17 Agustus besok. (MC TMG/Penulis, Foto : Cahya Editor:Ekape)

Recent Comments

Tinggalkan Komentar

Top