Iklan Layanan Masyarakat

Paseduluran Bonsai Tembarak Gelar Pameran dan Kontes Bonsai

Jumat, 07 Okt 2022 18:19:22 797

Keterangan Gambar : Paseduluran Bonsai Tembarak Gelar Pameran dan Kontes Bonsai


Temanggung, MediaCenter - Camat Tembarak, Januri membuka Pameran dan Kontes Bonsai kelas Prospek dan Regional yang diselenggarakan Paseduluran Bonsai Tembarak di Halaman Kantor Kecamatan Tembarak, Kabupaten Temanggung, Jumat (7/10/2022).

Kegiatan ini dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-94, mulai tanggal 4-10 Oktober 2022. Dengan agenda tanggal 4-5 Oktober penerimaan bonsai, 6 Oktober penjurian, 7-9 Oktober pameran dibuka untuk umum dan lomba kreasi bonsai tingkat korwil, dan tanggal 10 Oktober 2022 pengambilan bonsai.

Pameran bonsai ini diikuti oleh 320 bonsai dari 9 wilayah, yaitu Ambarawa, Kota Salatiga, Kota Magelang, Kabupaten Magelang, Wonosobo, Banjarnegara, Kendal dan tuan rumah Kabupaten Temanggung.

"Pameran dan kontes ini, kami dari Paseduluran Bonsai Tembarak dibantu dari teman-teman penggemar bonsai Temanggung dan Kaloran. Tujuan acara ini, salah satunya memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat tentang bonsai, saling guyub meningkatkan silaturahmi antara penghobi bonsai. Semoga lain waktu kegiatan ini menjadi agenda rutin dan destinasi wisata, khususnya di Kecamatan Tembarak dan Kabupaten Temanggung pada umumnya," kata Hendro (33), Ketua Panitia Pameran dan Kontes Bonsai.

Januri dalam sambutannya, menyampaikan bahwa Kecamatan Tembarak memfasilitasi pameran dan kontes bonsai ini, dengan memberikan ijin penggunaan Halaman Kantor Kecamatan Tembarak sebagai lokasinya.

"Pameran bonsai ini merupakan ide kreatif sekelompok anak muda kreatif dari berbagai desa di wilayah Kecamatan Tembarak, kami sebagai pemangku wilayah mendorong mereka untuk berkembang sesuai minat dan bakatnya. Harapannya, kreatifitas yang lain bisa muncul dan tumbuh, sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat," jelasnya.

Bonsai penuh seni dan mengandung filosofi kehidupan, dari tanaman yang asalnya tidak berharga, dengan bekal ketekunan dan kerja keras bisa menghasilkan karya yang luar biasa.

"Bisa kita lihat mulai dari akar, batang, dahan, ranting, serta daunnya bila dilihat begitu indah. Ide dasarnya adalah melihat pohon dari jarak jauh, dahan terbawah seharusnya lebih besar dan panjang dari dahan atasnya. Mengandung arti bahwa semakin ke atas semakin kecil dan mengerucut, mirip segitiga. Nilai dan harganya bonsai akan lebih prestisius bila pernah menjuarai sebuah kontes dan dipamerkan," tandas Weni (55), pengoleksi bonsai yang berasal dari Kepatihan, Temanggung. (MC.TMG/sty;adi;ekp;ysf)

Pencarian:

Komentar:

Top