Iklan Layanan Masyarakat

Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Maju

Senin, 02 Okt 2023 14:40:01 501

Keterangan Gambar : Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Maju


Temanggung, Media Center - Dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila pada tanggal 1 Oktober, Pemerintah Kabupaten Temanggung menggelar upacara dengan tema “Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Maju” bertempat di Halaman Kantor Bupati Temanggung, Senin (2/10/2023).

Pj. Bupati Temanggung Hary Agung Prabowo bertindak sebagai inspektur upacara dan Ketua DPRD Temanggung Yunianto bertindak sebagai pembaca naskah ikrar. Diikuti oleh perwakilan dari Satpol PP Damkar, TNI, POLRI, Dinas Perhubungan, BPBD, ASN, Senkom, pelajar dan mahasiswa.

Pemkab Temanggung melaksanakan upacara dalam rangka memperingati kesaktian Pancasila, yang pasti dalam peringatan ini, bagaimana kita menggalang persatuan dan kesatuan, karena bagaimanapun sejarah membuktikan, bahwa persatuan dan kesatuan sangat dibutuhkan oleh setiap bangsa dan negara, terutama rakyat Indonesia. Hal tersebut disampaikan oleh Pj. Bupati ketika diwawancarai oleh awak media.

“Kejadian-kejadian di masa lalu tidak bisa dipungkiri lagi, karena sudah terjadi, maka dari itu, kejadian di masa lalu jangan sampai terulang kembali, dan ini sebagai momentum sebagai anak bangsa untuk mempertahankan dan menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tegasnya.

Pj. Bupati berharap kepada generasi muda, bahwa peringatan Hari Kesaktian Pancasila dapat dijadikan sebagai momentum untuk memerangi paham-paham intoleran, maupun radikalisme, dan menyimpang dari Pancasila, maupun NKRI.

Ditambahkan oleh Ketua DPRD Temanggung Yunianto, bahwa Hari Kesaktian Pancasila adalah torehan sejarah untuk membumikan nilai-nilai luhur Pancasila dengan cara mengamalkan seluruh sila yang terkandung di dalamnya, kemudian diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

“Sehingga ideologi Pancasila ini harus selalu beriringan dalam nafas, jiwa, kehidupan berbangsa dan bernegara. Ketika nilai Pancasila ini diterapkan dalam kehidupan setiap masyarakat sehari-hari, InsyaAllah sejarah negatif silam ini tidak akan terulang dan terjadi lagi, kita masih di bawah Sang Saka Merah Putih sampai akhir hayat nanti,” tandasnya. (MC.TMG/Tfa;Ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top