Iklan Layanan Masyarakat

Pancaroba, Warga Agar Waspadai Beberapa Penyakit

Jumat, 12 Jan 2024 08:42:22 305

Keterangan Gambar : Pancaroba, Warga Agar Waspadai Beberapa Penyakit


Temanggung, Media Center - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah mengimbau agar seluruh masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap risiko penyebaran beberapa penyakit yang umumnya meningkat saat pergantian musim.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Temanggung, Dr. Sarjana mengatakan, perubahan musim seringkali menjadi pemicu meluasnya kasus flu, diare, demam berdarah di kalangan masyarakat.

"Untuk mencegah hal tersebut, masyarakat dapat menjaga daya tahan tubuh, menjaga kebersihan diri, sering mencuci tangan, dan menggunakan masker, terutama dalam situasi di mana interaksi sosial tinggi. Di sisi lain juga harus mengonsumsi makanan bergizi dan berserat tinggi, serta beristirahat yang cukup," katanya, Jumat (12/1/2024) di Temanggung.

Kemudian, menurutnya seperti anak-anak, lansia dan individu dengan kondisi kesehatan tertentu yang lebih rentan atau mudah terserang penyakit flu.

Oleh karena itu, lanjut Dr. Sarjana, pihaknya akan terus melakukan sosialisasi dan edukasi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pencegahan penyakit flu, khususnya di periode pergantian musim.

"Apalagi kaitan dengan demam berdarah, tentunya lingkungan juga harus bersih, tidak ada sampah, karena salah satu penular dari diare itu biasanya adalah lalat dengan adanya sampah di sekitar lalat banyak jadi kemungkinan makanan dihinggapi lalat yang bisa menyebabkan diare pada masyarakat, jadi kebersihan lingkungan dan kebersihan diri," terangnya. 

Ia mengatakan, jika warga merasa sakit segera ke rumah sakit untuk mencari pertolongan kepada petugas kesehatan. (Fir;Ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top