Iklan Layanan Masyarakat

Ops Patuh Candi 2023 Selama 14 Hari, Polres Temanggung Laksanakan Apel Gelar Pasukan

Selasa, 11 Jul 2023 07:54:52 317

Keterangan Gambar : Ops Patuh Candi 2023 Selama 14 Hari, Polres Temanggung Laksanakan Apel Gelar Pasukan


Temanggung, MediaCenter – Kapolres Temanggung, AKBP Agus Puryadi menjadi pembina apel gelar pasukan Ops Patuh Candi 2023, di Halaman Mapolres setempat, Senin (10/7/2023). Apel gelar pasukan diikuti oleh anggota TNI, Polri, Dinhub dan Satpol PP.

Kapolres dalam sambutannya mengatakan, bahwa Operasi Patuh Candi 2023 ini bertema “Patuh dan Tertib Berlalulintas Cermin Moralitas Bangsa“. Kapolres mengungkapkan, permasalahan di bidang lalu lintas, dewasa ini telah berkembang dengan cepat dan dinamis, hal ini sebagai konsekuensi dari meningkatnya jumlah penduduk.

“Dengan bertambahnya populasi penduduk otomatis akan berimbas pada meningkatnya jumlah kendaraan bermotor,“ ujarnya.

Kapolres melanjutkan, bahwa modernisasi perkembangan alat transportasi pada era digital harus diikuti dengan inovasi dan kinerja Polri, khususnya polisi lalu lintas, sehingga mampu mengantisipasi segala dampak yang akan timbul dari modernisasi perkembangan transportasi tersebut.

“Salah satu yang menjadi fokus perhatian saat ini adalah keselamatan bagi pengguna jalan,“ ungkapnya.

Lebih lanjut, Kapolres mengatakan, keselamatan merupakan prioritas yang pertama dan utama dalam berlalu lintas, dalam konteks ini, lalu lintas dapat dipahami sebagai urat nadi kehidupan, cermin budaya bangsa dan cermin tingkat modernitas.

“Keselamatan berlalu lintas memang sering diabaikan, bahkan tidak dianggap penting. Kesadaran pengguna lalu lintas, baik pejalan kaki, pengendara kendaraan bermotor, dan pengguna jalan lainnya masih rendah. Masih ditemukan pengendara yang melawan arus lalu lintas, melanggar rambu, marka jalan, dan sebagainya,“ lanjutnya.

Orang nomor satu di Polres Temanggung tersebut menjelaskan, berdasar data jumlah pelanggaran lalu lintas pada semester I Tahun 2023 sebanyak 336.909, dibandingkan dengan semester II 2022 sebanyak 374.082, trend turun 11 %. Jumlah tilang pada semester I tahun 2023 sebanyak 147.824 lembar dibandingkan dengan semester II Tahun 2022 sebanyak 216.469 lembar, trend turun 46 %. Teguran pada semester I tahun 2023 sebesar 189.085 teguran dibandingkan dengan semester II Tahun 2022 sebesar 157.559, teguran trend naik 17 %.

“Kepolisian Negara Republik Indonesia secara serentak akan menggelar operasi Patuh 2023 selama 14 hari, dari tanggal 10 s/d 23 Juli 2023. Dalam rangka cipta kondisi Kamseltibcarlantas pasca pelaksanaan Hari Bhayangkara Tahun 2023,“ Jelasnya.

AKBP Agus Puryadi menambahkan, operasi Patuh Candi 2023 dilaksanakan guna menurunkan angka pelanggaran, kecelakaan lalu lintas dan angka fatalitas, serta meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas. Operasi Patuh Candi 2023 akan mengedepankan giat edukatif dan persuasif, serta humanis didukung gakkum lantas menggunakan etle (statis, mobile, dan hand held).

Mengakhiri amanatnya, Kapolres memberikan beberapa penekanan terkait Operasi Patuh Candi 2023 ini, yaitu utamakan faktor keamanan dan keselamatan dengan mempedomani standar operasional prosedur yang telah ditentukan, menghindari tindakan yang kontraproduktif (pungli, arogan dan sewenang-wenang), dalam penegakkan hukum dilakukan secara humanis, tegas dan menjunjung tinggi hak asasi manusia.

“Lakukanlah tugas Operasi Patuh dengan baik tanpa menimbulkan komplain dari masyarakat, dan jangan lupa selalu berdoa, serta mengucap syukur kepada Allah SWT, Tuhan yang Maha Esa, dalam setiap melaksanakan tugas, sehingga apa yang kita kerjakan dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan apa yang diharapkan,“ pungkasnya.

Pada kesempatan tersebut, Kapolres juga menyematkan tanda pita operasi kepada perwakilan, baik itu dari TNI, Polri, Dinhub dan Satpol PP. (MC.TMG/ary;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top