Iklan Layanan Masyarakat

Murid-murid SMK Bhumi Phala Praktik Pembuatan Konten Video
Umum Sosial Kebudayaan Dan Pariwisata Pendidikan Ekonomi INSANIF PUSKOMKREF Sistem Informasi Desa (SID) PPID STATISTIK INFORMATIKA KOMUNIKASI KOMINFO Agenda OPD SEPUTAR TEMANGGUNG BERITA NASIONAL hoax terkini


Murid-murid SMK Bhumi Phala Praktik Pembuatan Konten Video admin 26 Feb 2020 55
Blog single photo

Temanggung, Media Center - Sebanyak 42 (Empat puluh dua) siswa-siswi SMK Bhumi Phala Parakan memenuhi Taman Bambu Runcing Parakan saat jam pelajaran masih berlangsung, Selasa (25/02/2020).
Terlihat beberapa siswa menenteng kamera profesional seperti kamera broadcast maupun kamera DSLR. Setelah melakukan wawancara kepada beberapa siswa ternyata mereka mendapat tugas dari sekolah untuk pembuatan video dalam rangka praktikum pelajaran multimedia.
Idrox Maulana Akbar dan Feri Faturohman murid kelas 3 di SMK Bhumi Phala Parakan yang pada saat itu sedang mengoperasikan kameranya menceritakan apa yang sedang mereka kerjakan di taman. Tugas pembuatan video tersebut dilakukan dalam rangka untuk memperdalam materi dengan cara praktik langsung di lapangan juga untuk latihan ujian kejuruan nasional.
Mata pelajaran multimedia sangat membantu murid untuk lebih mengerti tentang teknik pengambilan gambar dan lebih paham tentang hal-hal yang dibutuhkan untuk membuat video yang baik dan benar. Pengambilan video yang dipelajari dalam kegiatan tersebut meliputi makro atau pengambilan gambar dengan objek dekat dan detail. Ada juga teknik panning atau pengambilan gambar video dengan cara bergerak ke samping, ada pula teknik zoom in/zoom out serta beberapa teknik lainnya.
Dijelaskan oleh Indrox dan Feri bahwa dari 42 (Empat puluh dua) anak tersebut dibagi menjadi 8 (Delapan) kelompok yang tiap kelompok dibekali 1 (Satu) kamera profesional. Video yang dibuat dengan ketentuan maksimal durasi 6 (Enam) menit dengan tema bebas supaya anak bisa berimprovisasi dan bisa mengembangkan imajinasinya dalam bentuk karya seni dibidang videografi.
Idrox, Feri dan tim nya mengambil tema lipsync lagu untuk tugasnya. Dengan 2 jam pelajaran mereka diharuskan sudah selesai dalam pengambilan gambar untuk dapat segera dilanjutkan ke tahap editing video supaya bisa langsung dikumpulkan ke guru mereka.
"Sekarang zamannya sudah era 4.0 yang serba digital, kita ingin mengikuti sesuai zamannya dan kebetulan juga passion karena suka dengan video dan foto", ungkap keinginan Idrox.
Disamping itu Indrox dan teman-temannya berkeinginan untuk bisa kerja di TV swasta atau di Temanggung TV.
Feri Faturohman juga mengungkapkan keinginan kepada sekolahnya, "Semoga lebih lengkap aja fasilitas multimedianya karena masih ada yg kurang seperti gimbal/stabilizer, sama spek komputer yang kurang tinggi".
Setelah kegiatan tersebut selesai dan sudah diberi nilai, mereka akan mengobservasi dan mencari kesalahannya agar bisa dikembangkan dan bisa membuat video lebih baik lagi. (MC TMG/Cahya;Ekape).

Recent Comments

Tinggalkan Komentar

Top