Iklan Layanan Masyarakat

Mujahadah Awali Prosesi Kirap Grebeg Parakan, Untuk Rayakan Hari Jadi Temanggung ke-185
Umum Sosial Kebudayaan Dan Pariwisata Pendidikan Ekonomi INSANIF PUSKOMKREF Sistem Informasi Desa (SID) PPID STATISTIK INFORMATIKA KOMUNIKASI KOMINFO Agenda OPD SEPUTAR TEMANGGUNG BERITA NASIONAL hoax terkini


admin 13 Nov 2019 59
Blog single photo

Temanggung, MediaCenterPeringatan hari jadi Kabupaten Temanggung yang ke-185 diawali dengan Houl Masayikh Bambu runcing dan Mujahadah Grebeg Parakan yang dilaksanakan di Masjid Al Barokah Kauman Parakan.

Jumat (8/11/2019) malam, rangkaian perayaan menyongsong hari ulang tahun Kabupaten Temanggung yang ke-185 dimulai dari Kecamatan Parakan dengan menggelar acara Mujahadah dengan tujuan untuk mengungkapkan wujud rasa syukur kepada Tuhan sang pecipta alam atas karunianya, sehingga Kabupaten Temanggung telah memasuki usia yang ke-185 tahun.

Pada kesempatan itu selaku Tokoh Ulama sekaligus Ketua pelaksanaan Grebeg Parakan Mustahal Nasukha menjelaskan dalam sambutannya, bahwa Mujadahan tersebut tidak hanya mengenang perjuangan, “akan tetapi juga untuk membersihkan hati dan lisan seluruh warga Kabupaten Temanggung, khususnya para pejabat Pemerintah Daerahnya,” paparnya.

Dalam kesempatan yang sama dilengkapi dengan berdoa bersama untuk kemajuan dan kemakmuran Kabupaten Temanggung disegala bidang baik ekonomi, sosilal dan budaya.

Mujahadah Grebeg Parakan juga diikuti oleh Bupati Temanggung HM Al Khadziq dan Wakil Bupati Temanngung Heri Ibnu Wibowo serta para pejabat Pemerintahan Daerah Kabupaten Temanggung dan Tokoh Ulama beserta ratusan warga parakan dan sekitarnya.

Sedangkan Bupati Temanggung HM Al Khadziq dalam sambutannya menyampaikan, diadakannya acara ini selain untuk mendoakan para pahlawan terdahulu yang telah memperjuangkan kemerdekaan serta mempertahankan Kadipaten Menoreh yang sekarah kita kenal dengan Kecamatan Parakan, yang merupakan sejarah berdirinya Kabupaten Temanggung.

“Namun hal ini juga merupakan wujud syukur kita bersama, karena Kabupaten Temanggung akan berusia 185 tahun dan menjadi Kabupaten yang tentrem, marem dan gandem,” imbuhnya.

Kegiatan tersebut merupakan awal rangkaian hari jadi Kabupaten Temanggung yang kemudian pada keesokan harinya Sabtu 9 November 2019 dilaksanakan Gregeg Parakan yang membawa Songsong (payung) lama di makam Adipati Djojonegoro (Bupati pertama Temanggung) serta menampilkan berbagai kesenian lokal yang menarik.

Perayaan hari jadi Kabupaten Temanggung sudah jadi tahun ke-dua mengemasnya dengan diawali dari Kecamatan Parakan untuk mengingatkan kembali bahwa menurut sejarah sebelum Kabupaten Temanggung berdiri konon asal mulanya dari kadipaten menoreh yang berada di wilayah Parakan. (MC TMG/Penulis, Foto: Agung Editor: Eknu )

Recent Comments

Tinggalkan Komentar

Top