Iklan Layanan Masyarakat

Masuk Musim Penghujan, Pemkab Temanggung Siaga Kebencanaan

Senin, 05 Jan 2024 15:37:29 1420

Keterangan Gambar : Masuk Musim Penghujan, Pemkab Temanggung Siaga Kebencanaan


Temanggung, MediaCenter - Memasuki musim penghujan di awal tahun 2024 ini, Pemerintah Kabupaten Temanggung mulai bersiaga dengan kebencanaan. Pasalnya, wilayah di lereng Gunung Sumbing, Sindoro, dan Prau ini yang secara geografis berkontur pegunungan, rawan dengan tanah longsor dan angin ribut. 

Hal tersebut mengemuka dalam rapat yang dipimpin oleh Pj. Bupati Hary Agung Prabowo, dan Pj. Sekda Agus Sujarwo di Ruang Gajah, Pendopo Jenar, Jumat (5/1/2024) petang. 

Pj. Bupati mengumpulkan para kepala OPD terkait dan seluruh camat di Kabupaten Temanggung, untuk saling memberikan masukan guna kesiapsiagaan akan kejadian alam. 

Pada rapat tersebut, secara khusus Pj. Bupati Hary Agung menekankan membahas antisipasi dan penanganan bencana, mengingat saat ini sudah mulai masuk musim penghujan, sehingga ada potensi kerawanan, seperti tanah longsor dan angin ribut. Kepada jajarannya, ia meminta agar segera melakukan langkah-langkah yang diperlukan saling sinergi antar OPD. 

"Kabupaten Temanggung secara geografis berkontur pegunungan, sehingga memang rawan dengan tanah longsor, maupun angin ribut. Maka sejak dini harus sudah siaga dan waspada. Saya minta bantuan para camat untuk mengetahui situasi kondisi di wilayah, koordinasi dengan para Kades lakukan secara intensif, lakukan langkah cepat dan selalu berkoordinasi dengan Kepala BPBD untuk assesment. Camat bisa melakukan antisipasi di lapangan, cek kondisi, saya pun akan selalu melakukan pengecekan kondisi lapangan apabila memang mengkhawatirkan," ujarnya.

Kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) yang memiliki jejaring luas, termasuk dengan para relawan diminta kesiapsiagaannya dan bisa memberikan masukan kepada para pemangku wilayah seperti camat. Kepada OPD terkait seperti Satpol PP, Dinas Perhubungan, berkaitan dengan infrastruktur jalan kalau ada hal krusial harus segera lakukan langkah konkrit saling berkoordinasi dengan OPD terkait. 

"Di sini kita saling memberi saran masukan, cek seluruh ranting pohon yang sekiranya membahayakan, melintang jalan misalnya, ingatkan warga untuk membuang sampah pada tempatnya, kalau buang sampah di sungai kalau hujan mampet airnya bisa banjir," katanya.    

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Temanggung Toifur Hadi mengatakan, komunikasi BPBD dengan pihak kecamatan saat ini sudah terjalin dengan baik, sehingga jika ada kejadian bisa ditangani dengan cepat. Saat ini, pihaknya sudah melakukan monitoring terkait kebencanaan, bahkan saat ini BPBD masih mempunyai bronjong penahan banjir, serta logistik. 

Camat Tlogomulyo Joko Prasetya menuturkan, setiap wilayah bisa saja memiliki lokasi rawan bencana, sehingga bisa lebih waspada. Sinergi dari berbagai pihak diperlukan di sini untuk saling bertukar informasi. Camat Pringsurat Marlini Tarigan mengatakan, perlunya digiatkan gerakan tangguh bencana (Kencana), agar di wilayah kecamatan lebih siap terkait hal penanganan dan mitigasi bencana sesuai prosedur.

Camat Selopampang Habib Jabar mengusulkan, adanya gerakan membersihkan selokan, maupun jalan air yang diperlukan agar tidak menghambat aliran air, dan memangkas ranting-ranting pohon yang membahayakan.(ary;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top