Iklan Layanan Masyarakat

Masih Pandemi, Ibadah Imlek Dibatasi

Rabu, 26 Jan 2022 18:32:29 706

Keterangan Gambar : Umat Tri Dharma di Kelenteng Kong Ling Bio membersihkan rupang dewa, Rabu (26/1/2022).


Temanggung, MediaCenter - Lantaran saat ini masih masuk masa pandemi Covid-19, maka umat Tri Dharma di Kelenteng Kong Ling Bio, Temanggung, tidak menggelar perayaan Imlek secara bersama. Bahkan untuk ritual doa di dalam kelenteng pun diatur sedemikian rupa agar aman atau terhindar dari paparan Virus Korona. 

Sekretaris Kelenteng Kong Ling Bio Temanggung, Lidya Samstyagraha mengatakan, kehadiran di kelenteng dibatasi 50 persen dari kapasitas yang ada. Disebutkan, setidaknya bergantian dari 20 orang. 

"Kita menjaga, untuk ibadah tidak lebih dari 20 orang. Padahal kalau Imlek biasanya bisa sampai 150, tapi ini paling ya sekitar 20,"ujarnya ditemui saat membersihkan rupang dewa di Kelenteng Kong Ling Bio, Rabu (26/1/2022).

Lidya mengatakan, karena saat ini masih masa pandemi, maka tidak ada perayaan seperti pagelaran kesenian seperti tahun-tahun sebelumnya di kala situasi normal. Meski demikian, tidak mengurangi kekhidmatan dalam berdoa. 

"Masih masa pandemi, maka untuk tahun ini belum ada kesenian, tetapi yang utama saja ritual sembahyang kepada Tuhan Yang Mah Esa pada hari ke-9 Imlek. Sama di Cap Ho Meh penutupan Imlek, kita hanya ada pemilihan Lo Cu, gitu aja, jadi tidak ada acara besar," katanya.

Dengan keadaan ini, umat Tri Dharma berharap, pandemi segera berakhir dan tidak ada varian baru lagi. Sehingga keadaan bisa normal seperti sedia kala. (MC.TMG/ar;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top