Iklan Layanan Masyarakat

MAN Temanggung Adakan Pelatihan Jurnalistik Bersama Dinkominfo

Rabu, 20 Des 2023 07:11:23 219

Keterangan Gambar : MAN Temanggung Adakan Pelatihan Jurnalistik Bersama Dinkominfo


Temanggung, MediaCenter - Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Temanggung menjadi narasumber pelatihan jurnalistik bertemakan Literasi Digital dan Etika Jurnalistik yang diselenggarakan di ruang Multimedia Perpustakaan Gibraltar MAN Temanggung, Senin (18/12/2023). 

Pelatihan diikuti oleh peserta, yang terdiri dari anggota OSIS, UKIS, santri asrama, dan anggota Komunitas Literasi Gibraltar MAN Temanggung.

Kegiatan dibuka oleh Kepala Madrasah KH. Ali Masyhar dilanjutkan arahan dari Waka Kesiswaan Jafar Shodik.

Kepala Madrasah KH. Ali Masyhar menyampaikan, bahwa jurnalistik untuk generasi yang serba teknologi perlu dikembangkan, sehingga siswa-siswi MAN Temanggung diharapkan dapat menulis berita di media sosial setiap ada event.

Kepala Dinas Kominfo Gotri Wijianto menyampaikan, konten media sosial dapat merubah mindset seseorang. 

“Jadilah orang yang dewasa, bisa menyaring berita, karena semua orang menjadi wartawan tanpa sadar,” tegas Gotri Wijianto.

Narasumber Eko Kus Prasetyo editor/redaktur Media Center Dinkominfo Temanggung memberikan wawasan mendalam tentang literasi digital dan prinsip-prinsip etika jurnalistik. 

“Menulis adalah jam terbang, jadi teman-teman jangan malas dan enggan menulis. Semakin sering menulis, teman-teman akan terbiasa,” jelas Eko Kus.

Pada pelatihan tersebut, para peserta dilibatkan dalam diskusi kelompok, praktek membuat berita, dan simulasi situasi nyata untuk mengasah kemampuan mereka dalam menyusun berita dengan benar dan sesuai kode etik jurnalistik.

"Setiap peserta dapat menjadi agen perubahan dalam menyampaikan informasi dengan cara yang informatif, akurat, dan etis.

"Dengan meningkatnya literasi digital, diharapkan peserta mampu mengunggah dan mengelola berita atau event yang terjadi di MAN Temanggung melalui artikel dan media sosial," imbuhnya.

Melalui kolaborasi antara Dinkominfo dan MAN Temanggung, acara ini tidak hanya memberikan pengetahuan baru, tetapi juga memperkuat jaringan antar-kelompok di sekolah. 

"Diharapkan pelatihan ini akan menjadi tonggak awal bagi peserta untuk lebih aktif berpartisipasi dalam menyampaikan informasi yang bermanfaat bagi seluruh warga MAN Temanggung," pungkas Eko Kus. (sv;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top