Iklan Layanan Masyarakat

Lebih Dekat dengan Temanggung Rabbit Community di Gelaran Lapak Kita

Jumat, 07 Jul 2023 17:07:31 485

Keterangan Gambar : Lebih Dekat dengan Temanggung Rabbit Community di Gelaran Lapak Kita


Temanggung, MediaCenter - Berbeda dengan gelaran-gelaran sebelumnya, Lapak Kita yang biasa terselenggara di City Walk Alun-Alun Temanggung, pada Jum'at (7/7/2023) turut dimeriahkan dengan kehadiran satwa-satwa unik dari Komunitas Hewan di wilayah Kabupaten Temanggung. 

Temanggung Rabbit Community (TRC) salah satunya. Sebuah komunitas yang telah terbentuk sejak tahun 2015 ini telah memiliki lebih dari 120 anggota aktif yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Temanggung. Adapun basecamp dari TRC ini berlokasi di Villa Tanjungsari, Kecamatan Tlogomulyo. 

Terdapat dua jenis kelinci yang ikut dipamerkan milik member TRC pada gelaran Lapak Kita, yakni Flemish Giant, kelinci dengan ukuran besar dan telinga panjang, serta jenis Netherland Dwarf, kelinci dengan ukuran mini mirip seperti boneka. 

Sekjend TRC, Voting Tri Mardiyanto menyebutkan, bahwa komunitas ini fokus mengedukasi masyarakat tentang  beternak kelinci dan cara mengolah hasil olahan dari daging kelinci untuk bisa dipasarkan. Setiap triwulan, TRC rutin mengadakan pertemuan dengan anggota secara bergiliran. 

"Biasanya ada pertemuan rutin sekitar tiga bulan sekali, itu digilir di tiap-tiap anggota. Kita juga sering mengadakan edukasi, terutama bagi penyandang disabilitas, itu kita edukasi untuk bisa mencoba ternak kelinci, bisa juga mengolah hasil olahan daging kelinci untuk dijual," jelasnya. 

Pada bulan April lalu, Tri Mardiyanto mewakili TRC berhasil menyabet predikat juara 1 kelas adu bobot dan kelas best of breed saat kontes di Magelang. 

Ditambahkan olehnya, komunitas TRC sebelum pandemi telah mendirikan lapak sate kelinci dan olahan lainnya, namun karena dampak dari pandemi tersebut mengharuskan lapak sate kelinci untuk berhenti beroperasi. Saat ini, TRC menerima pemesanan daging kelinci dan olahannya melalui online atau dapat menghubungi Sekretariat TRC. 

"Dengan adanya acara Lapak Kita seperti ini sebetulnya yang kita butuhkan dari pihak komunitas itu. Jadi kita bisa mengedukasi kepada masyarakat secara langsung, karena komunitas-komunitas itu butuhnya ya media seperti ini, seperti Lapak Kita ini. Untuk target kedepan TRC, kita ingin mencoba untuk ekspor," harapnya. (MC.TMG/nin;adi;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top