Iklan Layanan Masyarakat

Launching Varietas Tembakau Kemloko 7 dan 8, Optimis Tingkatkan Produktivitas

Rabu, 25 Nov 2023 10:06:35 496

Keterangan Gambar : Launching Varietas Tembakau Kemloko 7 dan 8, Optimis Tingkatkan Produktivitas


Temanggung, MediaCenter - Pj. Bupati Temanggung Hary Agung Prabowo, Ketua DPRD Yunianto, menghadiri acara Launching varietas unggulan Tembakau Temanggung Kemloko 7 dan 8, hasil kerjasama Pemkab Temanggung, Kementerian Pertanian RI, serta Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) di Pendopo Pengayoman, Sabtu (25/11/2023) sore.

Hadir pula Wakil Ketua Komisi C DPRD Temanggung, Pj. Sekretaris Daerah, Tim Peneliti dari BRIN, Perangkat Daerah terkait, serta tamu undangan yang lainnya.

Dalam sambutannya, Pj. Bupati Hary Agung Prabowo menyampaikan, dengan varietas unggulan terbaru Kemloko 7 dan 8 sangat baik bagi seluruh petani tembakau dan bagi peneliti juga. Kedepan tembakau kualitas unggul, baik Kemloko 1 sampai dengan 8 pasti punya kelemahan dan kelebihannya.

“Jadi dengan keluarnya varietas unggulan Kemloko 7 dan 8, nanti seluruh petani tembakau bisa menilai, kelebihan antara 1 sampai 8, silahkan petani untuk menanamnya,” ungkap nya. 

Selanjutnya, Pj. Bupati menyampaikan apresiasi luar biasa kepada seluruh jajaran  Dinas Pertanian, selain telah melakukan Gebyar Pertanian, dan atas launching tembakau varietas Kemloko 7 dan 8. 

Pj. Bupati berharap, semoga dengan varietas baru ini akan meningkatkan kesejahteraan petani tembakau dan masyarakat Temanggung. 

Dari varietas tembakau Kemloko 6 ke 7, ada kenaikan produktivitas, dan dari Kemloko 7 ke 8 juga ada kenaikan produktivitas. Tetapi karena varietas baru, jadi masyarakat untuk bersabar, karena untuk tahun depan, benih belum dapat dipenuhi semua, hanya kurang lebih 400-500 ha. 

Varietas ini didapatkan melalui proses, mulai dari seleksi tanaman, uji laboratorium, pendaftaran varietas yang dilakukan oleh Tim Peneliti BRIN. 

Pj. Bupati juga menyampaikan terimakasih kepada seluruh pihak yang terlibat lahirnya varietas baru ini.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKPPP) Kabupaten Temanggung Joko Budi Nuryanto melaporkan, bahwa varietas Kemloko 7 dan 8 ini telah dilakukan penelitian sejak tahun 2017, atau hampir 6 tahun. 

Acara Launching Tembakau Kemloko 7 dan 8 ini merupakan rangkaian Gebyar Pertanian yang telah dilakukan selama 2 hari, 24-25 November 2023 yang mendapat antusias masyarakat.(MC.TMG/Tik;Koes)

Pencarian:

Komentar:

Top