Iklan Layanan Masyarakat

Kunjungi UMK Shibiru, Wabup Berharap Bisa Tembus Pasar Internasional

Senin, 21 Mar 2022 16:40:54 664

Keterangan Gambar : Wakil Bupati Temanggung, Heri Ibnu Wibowo mengunjungi UMK Shibiru, produsen pewarna alami yang berlokasi di Desa Gandu Wetan, Kecamatan Ngadirejo, Kabupaten Temanggung, Minggu (20/3/2022).


Temanggung, MediaCenter - Wakil Bupati Temanggung, Heri Ibnu Wibowo mengunjungi UMK Shibiru, produsen pewarna alami yang berlokasi di Desa Gandu Wetan, Kecamatan Ngadirejo, Kabupaten Temanggung, Minggu (20/3/2022). 

Dalam kunjungannya, Wabup mengapresiasi atas inovasi dari Shibiru, dengan hasil produknya berupa pewarna alam untuk kain dengan warna biru yang khas.

"Selain dipasarkan di berbagai daerah di Indonesia, Shibiru kini juga sudah menjajal pasar ekspor ke luar negeri. Ini merupakan potensi luar biasa UMK Kabupaten Temanggung yang perlu terus didorong untuk kesejahteraan masyarakat," ungkapnya.

Shibiru merupakan produsen pewarna alami yang berasal dari tanaman indigo Strobilanthes Cusia dan limbah tanaman bakau, sehingga produk ini ramah lingkungan. Penanamannya biasanya tumpang sari dengan tanaman kopi dan jambu yang banyak di tanam di daerah Wonoboyo. 

Produk pewarna tekstil ini sudah banyak digunakan untuk produsen pakaian, batik, fashion, tas, tenun dan lain sebagainya yang menggunakan kain/benang, serta berbagai produk turunan lainnya.

Limbah dari Shibiru juga ramah lingkungan dan bisa dijadikan pupuk, sehingga benar-benar zero waste. 

“Saya berharap, produksi Shibiru ini semakin meningkatkan kualitas, produk, inovasi dan kreativitas, sehingga teknik pewarnaan dari Shibiru ini dapat semakin berkembang,” imbuhnya. 

Wabup juga mendorong akses pasar Shibiru, baik di dalam, maupun ke luar negeri.

“Shibiru yang pernah menang di ajang Krenova yang diadakan oleh Bappeda Temanggung memberikan banyak peluang agar Shibiru semakin dikenal,” ungkapnya. 

Wabup menekankan, akan perlunya membangun komunikasi dan koordinasi perdagangan, baik dari UMKM, perindustrian dan pariwisata dengan dinas terkait, baik di provinsi, kementerian, swasta, perbankan, akademisi, maupun peneliti. 

Lebih lanjut Wabup berharap, Shibiru dengan identitas Temanggung semakin dikenal, baik di tingkat nasional maupun internasional. (MC.TMG/ist;sv;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top