Iklan Layanan Masyarakat

Kominfo Temanggung Gandeng BSSN Dalam Asessment Keamanan Informasi.
Umum Sosial Kebudayaan Dan Pariwisata Pendidikan Ekonomi INSANIF PUSKOMKREF Sistem Informasi Desa (SID) PPID STATISTIK INFORMATIKA KOMUNIKASI KOMINFO Agenda OPD SEPUTAR TEMANGGUNG BERITA NASIONAL hoax terkini


admin 12 Sep 2019 86
Blog single photo


Temanggung, Media Center – Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Temanggung kembali melakukan kerjasama dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) atas kegiatan assessment keamanan informasi mulai hari Senin-Jumat pada tanggal 9-13 September 2019. Dalam kesempatan tersebut Dinkominfo  Temanggung dan BSSN melakukan sosialisasi serta mengundang seluruh admin dan super admin aplikasi terkait data dan informasi yang sangat butuh mendapat perhatian khusus dibidang keamanan data ke kantor Dinkominfo Temanggung, Selasa (10/9/2019).
Kerjasama yang dilakukan Dinkominfo Temanggung dan BSSN ini dilatarbelakangi dengan adanya ancaman dan juga telah terjadi beberapa kejadian yang menimpa beberapa program aplikasi yang dimiliki salah satu Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) di Kabupaten Temanggung terkait penyerangan sistem informasi.
Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menguji kerentanan sistem informasi serta mengetahui celah kerawanan sistem informasi milik OPD di Kabupaten Temanggung. Disamping itu, BSSN juga melindungi data dan informasi yang tertanam diaplikasi milik OPD Kabupaten Temanggung dari penyalahgunaan yang dilakukan pihak luar yang tidak sah atau illegal.
Sistem informasi yang akan diujikan adalah E-Budgeting dan MAPATDA dari Badan Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Kabupaten Temanggung, E-Planning dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Temanggung, serta E-TPP dari Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Temanggung.
“Dengan adanya rekomendasi dari BSSN setelah dilaksanakan pengujian ini saya berharap OPD terkait segera memperbaiki dan menutup celah yang ditemukan, sehingga data dan informasi dapat terlindungi dengan baik”, tegas Inarni Nur Dyahwanti selaku Kepala Bidang Statistik dan Persandian Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Temanggung dalam pertemuan siang tadi. (MC TMG/Penulis, Foto : Cahya Editor:Ekape)

Recent Comments

Tinggalkan Komentar

Top