Iklan Layanan Masyarakat

Keseruan Lomba Agustusan, Sekaligus Terapi Motorik Bagi Disabilitas

Senin, 14 Agu 2023 07:56:24 444

Keterangan Gambar : Keseruan Lomba Agustusan, Sekaligus Terapi Motorik Bagi Disabilitas


Temanggung, Media Center - Penyandang disabilitas di Sentra Terpadu Kartini Temanggung, Jawa Tengah mengikuti berbagai perlombaan untuk memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 Kemerdekaan RI, Jumat (11/8/2023). 

"Perlombaan untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan RI ini, yakni estafet memindahkan bola, balon berpasangan, kelereng, memasukkan pensil ke dalam botol, tebak gambar, angka, dan berpacu dalam melodi," kata Koordinator Terapi, Sentra Terpadu Kartini Temanggung, Agustin Phone Hastuti.

Pada lomba estafet memindahkan bola, balon berpasangan, kelereng, memasukkan pensil ke dalam botol ,masing-masing peserta dituntut lebih cepat membawa sampai ke garis finis. 

Namun demikian, beberapa dari peserta harus bersusah payah membawa bola maupun balon, karena tidak boleh jatuh ke lantai.

Ia mengatakan, kegiatan ini juga upaya membangun relasi antar teman, komunikasi, koordinasi, dan kerjasama. Sebab, penerima manfaat membutuhkan hal tersebut sebagai salah satu aspek terapi untuk mental psiko sosial. Di sisi lain, pihaknya juga menggali dan mengembangkan potensi anak-anak untuk bisa lebih baik. 

Ada beberapa kendala atau kesulitan, namun pihaknya merasakan, bahwa anak-anak membutuhkan satu dukungan, kesabaran. Sebab, support dari pembimbing dan antar teman akan memberikan kekuatan agar mereka menjadi lebih semangat. Sehingga termotivasi untuk bisa melakukan sesuatu dengan lebih baik.

“Hasilnya, mereka itu akan senang saat bisa menyelesaikan satu perlombaan. Contoh kesulitannya, penyandang sensorik rungu wicara dengan bahasa yang terbatas juga. Kita juga harus belajar untuk menyesuaikan kadang karepe pie (maunya bagaimana), anak-anak juga berusaha menyadari, ternyata ini keliru, sehingga mereka harus berusaha lebih semangat lagi,” tambahnya.

Salah seorang penyandang disabilitas asal Semarang, Andini Widyawati mengaku sangat senang. Ia dan timnya berhasil juara 1 lomba memindahkan balon. Baginya, lomba ini tidak sulit, ia melakukan dengan pelan supaya menang. 

"Sebelumnya, belum pernah latihan, tapi dia sering mengikuti lomba 17an di rumahnya," jelasnya. (MC.TMG/fir;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top