Iklan Layanan Masyarakat

Kelompok Seni Temanggung Terima Hibah 13,7 miliar

Kamis, 09 Feb 2023 18:00:58 540

Keterangan Gambar : Kelompok Seni Temanggung Terima Hibah 13,7 miliar


Temanggung, Media Center - Sebanyak 375 kelompok kesenian di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, menerima bantuan dana hibah dengan total Rp 13,7 miliar yang bersumber dari dana aspirasi anggota DPRD Temanggung tahun 2023, Kamis (9/2/2023).  

"Tahun ini kita mengelola dana hibah untuk kelompok kesenian itu ada 13.715.000.000. Itu terbagi untuk 375 kelompok kesenian yang tersebar di seluruh Kabupaten Temanggung. Penerima dana itu meliputi kelompok kesenian kuda lumping, kubro siswo, gedruk, rebana dan topeng ireng," kata Kepala Bidang Kebudayaan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dinbudpar) Temanggung, Hanung Widanur, Kamis (9/2/2023).

Ia mengatakan, dana hibah tersebut diperuntukkan untuk pembelian kostum pentas dan peralatan kesenian, seperti gamelan, drum dan organ. 

Besaran bantuan masing-masing penerima bervariasi, antara Rp 10 juta hingga Rp 30 juta rupiah per kelompok. Jumlah dana yang diterima disesuaikan dengan proposal yang telah diajukan oleh masing-masing kelompok kesenian.

"Dana itu kita berikan untuk pengadaan peralatan, misalnya membeli drum, kostum, organ dan gamelan. Masing-masing kelompok kesenian menerima bantuan bervariasi, mulai dari Rp 10 juta hingga Rp 30 juta," imbuhnya.

Ia berharap, melalui bantuan ini lebih mengembangkan dan meningkatkan potensi kesenian di Temanggung. Sehingga keberadaan kesenian tersebut dapat mendukung sektor pariwisata, khususnya desa wisata di masing-masing desa.

"Ke depan, kesenian di Temanggung akan lebih berkembang , dalam artian mengembangkan kesenian Temanggung sesuai dengan pakem yang ada di Temanggung dan bangga dengan potensi lokal yang ada di Temanggung," tegasnya.

Hanung juga mengimbau kepada kelompok kesenian yang menerima bantuan dana hibah ini untuk dibelanjakan kepada para perajian yang ada di Temanggung. Sehingga sektor ekonomi kreatif yang berkecimpung di bidang perajin kesenian, seperti pembuatan kostum dan gamelan kesenian dapat terangkat dan berkembang.

"Harapannya kepada kelompok kesenian yang menerima bantuan dana itu untuk dibelanjakan kepada para perajin lokal Temanggung. Ini juga ada perajin kesenian di Temanggung yang bisa pengadaan kostum dan peralatan kesenian, sehingga dana 13,7 miliar ini berputar di Temanggung saja," katanya.

Di Kabupaten Temanggung ada 2.279 kelompok kesenian yang sudah terdaftar di Dinbudpar, seperti kelompok kesenian jaran kepang atau kuda lumping, kesenian topeng ireng, gedruk, kubro siswo dan rebana. (MC.TMG/fr;ekp;ysf)

Pencarian:

Komentar:

Top