Iklan Layanan Masyarakat

Iya Sekata Berhasil Raih Juara I LBPK Tingkat Nasional

Senin, 01 Nov 2021 20:20:39 536

Keterangan Gambar : Kurnia Setyo Wulandari atau yang akrab disapa Iya’ Sekata, warga asal Kecamatan Ngadirejo, Kabupaten Temanggung berhasil meraih Juara I Lomba Baca Puisi Kreatif (LBPK) Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Yayasan Gaperto Jepara. 


Temanggung, MediaCenter - Kurnia Setyo Wulandari atau yang akrab disapa Iya’ Sekata, warga asal Kecamatan Ngadirejo, Kabupaten Temanggung berhasil meraih Juara I Lomba Baca Puisi Kreatif (LBPK) Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Yayasan Gaperto Jepara. 

Event yang rutin dilaksanakan setiap tahun merupakan yang ke-10 dilaksanakan di Jepara.

Final digelar di Wisata Mangrove Gelagah Wangi, Jepara, sedangkan malam penganugerahan dilakukan di Pendopo R.A Kartini Jepara pada (30/10/2021) dengan diikuti sastrawan dari berbagai kota, baik dari Provinsi Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan, Sumatera dan berbagai kota di Indonesia.

Berbeda dengan lomba baca puisi pada umumnya,  lomba baca puisi ini peserta dituntut untuk kreatif dengan diberi kebebasan menginterpretasikan teks puisi dengan properti dan panggung bebas. Kecerdasan pembaca puisi ditantang, dengan melihat lokasi dadakan, bagaimana mereka bisa mengeksplorasi tempat, dan mengawinkannya dengan teks, tubuh dan alam. Siapa yang paling cerdas, liar dan tetap sesuai isi puisi serta mampu menghadirkan pertunjukan yang fresh, keren dan matang, dialah yang paling layak jadi juaranya.

Iya’ Sekata, penggiat seni di Terminal Art Studio Temanggung dan Dengung Teater Temanggung yang juga seorang guru di SMP Muhammadiyah 3 Ngadirejo tersebut menceritakan, tak hanya di tahun ini ia berhasil mendapat prestasi di event ini, di Tahun 2018 Iya’ berhasil meraih juara 2 tingkat Jateng,  Tahun 2019 mendapat juara 1 Tingkat Jateng dan DIY dan tahun ini sebagai Juara 1 Tingkat Nasional.

“Di lokasi hutan mangrove Glagah Wangi, peserta di bebaskan memilih spot panggung sendiri-sendiri, saya memilih memaksimalkan air pantai di hutan mangrove untuk saya eksplore” ujar Iya’, Senin (1/11/2021) di Temanggung.

Selain juara di event LBPK, Iya’ juga pernah meraih Juara 1 Lomba Senam Isoman Tingkat Nasional Liputan 6 SCTV, Aktor Terbaik dan Juara 1 lomba Monolog Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Teater Tuman UNiSNU Jepara, Juara 1 Lomba Senam Kreasi Jateng DIY yang diselenggarakan oleh Objek Wisata Watu Jagal Sleman Jogjakarta, Juara II Lomba Senam Kreasi Jateng dan banyak kejuaraan yang lain yang pernah diraihnya.

Iya’ yang juga seorang mantan pelawak yang pernah mengikuti Audisi Pelawak TPI angkatan 4 Tahun 2008 yang masuk sampai 6 besar bersama grup PRESTO, salah satu anggota grup nya yaitu Furry yang sekarang lebih dikenal sebagai Purnomo Tukang Ojek Pengkolan.

“Juara itu bukan soal seberapa kemampuan kita, tapi karena kita berani mengambil kesempatan. Kita ukir sejarah, bukan sekedar pengalaman dan hadiah dalam sebuah perlombaan, tetapi juga untuk mengukur kemampuan diri sekarang, dan perkembangannya kedepan,” ujarnya. 

“Menyaksikan peserta lain adalah guru dan ilmu yang luar biasa dapat kita ambil, seni itu berkembang terus, mengalir seperti air, kita mematangkan, asah dan dewasakan serta kembangkan kemampuan kita dengan berani berkompetisi” tandasnya. (MC TMG/Sv;Ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top