Iklan Layanan Masyarakat

INSTALASI PERANGKAT PUSKOMKREF KECAMATAN TRETEP SELESAI 100%
Umum Sosial Kebudayaan Dan Pariwisata Pendidikan Ekonomi INSANIF PUSKOMKREF Sistem Informasi Desa (SID) PPID STATISTIK INFORMATIKA KOMUNIKASI KOMINFO Agenda OPD SEPUTAR TEMANGGUNG BERITA NASIONAL hoax terkini


admin 26 Jun 2019 113
Blog single photo

Temanggung-Mediacenter (Senin 25 Juni 2019) Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Temanggung melakukan kunjungan kerja ke Kecamatan Tretep, Kabupaten Temanggung yang dilaksanakan oleh tim pengadaan barang dan tim teknis. Kunjungan kerja ini dalam rangka pendampingan instalasi perangkat Pusat Komunitas Kreatif (Puskomkref) Kecamatan Tretep dan pengecekan kuantitas dan fungsi perangkat.
Berlokasi di Kantor Kecamatan Tretep, nantinya Puskomkref ini akan diperuntukkan bagi warga masyarakat Kecamatan Tretep dan sekitarnya, khususnya bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Dilengkapi dengan sarana Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) seperti jaringan internet, komputer dan printer. Harapannya dengan fasilitas TIK yang memadai tersebut dapat menunjang kebutuhan masyarakat Kecamatan Tretep untuk lebih meningkatkan pengetahuan dan kemampuan dibidang TIK. 
Seperti halnya Puskomkref tingkat kabupaten yang telah diresmikan sebelumnya pada tahun 2014. Nantinya Dinkominfo kabupaten Temanggung akan mengadakan pelatihan TIK rutin yang dapat mendukung usaha UMKM seperti pembuatan blog, website, brosur dan lainnya yang dapat meningkatkan pendapatan UMKM. 
Saat ini Puskomkref Kecamatan Tretep telah menyelesaikan tahap instalasi fisik perangkat, harapannya setelah proses pengerjaan fisk selesai, Puskomkref Kecamatan Tretep segera bisa difungsikan sebagaimana mestinya.
Dinkominfo berharap dengan adanya dua Puskomkref di Kabupaten Temanggung dapat membantu transformasi bisnis masyarakat Kabupaten Temanggung yang semula masih konvensional ataupun offline dapat berubah menjadi bisnis elektronik yang dapat memperluas jangkauan pemasaran produk-produk dari UMKM. Hal ini bertujuan meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kerakyatan. Disisi lain juga dapat memperbaiki taraf hidup masyarakat Kabupaten Temanggung.
Kendala yang mungkin dihadapi oleh Dinkominfo Kabupaten Temanggung berkaitan dengan Sumber Daya Manusia (SDM) dan lokasi Kecamatan Tretep yang lumayan jauh dari pusat kota, ditambah dengan kondisi geografis pegunungan. Tetapi kedepannya permasalahan ini bisa diatasi dengan cara mencari SDM masyarakat lokal Kecamatan Tretep yang nantinya dilatih untuk menjadi operator dan pendamping kegiatan di Puskomkref Kecamatan Tretep.
Kokok Adhi Wiratoko, Kepala Seksi Pemberdayaan Komunikasi dan Informasi Publik Dinkominfo yang juga selaku PPTK kegiatan menyampaikan bahwa pengadaan Puskomkref Kecamatan Tretep ini merupakan inisiatif dari pemerintah Kecamatan Tretep, terutama Camat Tretep.
“Fasilitas ini merupakan inisiatif dari Pak Camat yang penganggarannya masuk di DPA Dinas Kominfo hasil dari Musrenbang. Kedepan program Puskomkref Kecamatan ini akan dilanjutkan ke lokasi kecamatan lainnya,” jelasnya.
Noor Muhammad Ayub selaku Tim Teknis dari Dinkominfo menyampaikan bahwa kegiatan saat ini merupakan tahap instalasi fisik perangkat dan jaringan pendukung.
“Tim dari Dinkominfo bertugas mendampingi dan menyiapkan kebutuhan instalasi, khususnya akses internet, jaringan kelistrikan dan penempatan CCTV. Setelah selesai instalasi fisik, diharapkan Puskomkref kecamatan Tretep dapat segera operasional dan mendatangkan manfaat bagi masyarakat,” jelas Ayub. 
(MC TMG/Penulis, Foto : Luna, Editor:Ekape)

Recent Comments

Tinggalkan Komentar

Top