Iklan Layanan Masyarakat

INCAKAP Tingkatkan Kecakapan Digital dan Bijak Bermedsos

Jumat, 28 Jul 2023 15:48:27 951

Keterangan Gambar : INCAKAP Tingkatkan Kecakapan Digital dan Bijak Bermedsos


Temanggung, Media Center - Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah gencar menggiatkan program INCAKAP atau Internet Cerdas, Aktif, Kreatif dan Produktif di kalangan pelajar. 

Kali ini, para pelajar di SMP Negeri 1 Bulu mendapat pembekalan empat dasar literasi digital, yakni keamanan digital, keterampilan digital, etika digital, dan budaya digital.

"Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Temanggung memiliki program road show ke sekolah-sekolah, terutama ke jenjang SMP di Kabupaten Temanggung, dalam road show ini kami memberikan materi terkait dengan pemanfaatan terknologi, khususnya internet secara positif, karena kita tahu, di era digital ini, teman-teman, terutama pelajar banyak berinteraksi dengan internet dan teknologi," kata Pranata Humas Ahli Muda, Dinkominfo Temanggung, Eko Kus Prasetyo, Kamis (27/7/2023) di SMP Negeri 1 Bulu, Temanggung.

Ia mengatakan, melalui program ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan pengetahuan para pelajar agar lebih siap dalam perubahan dan tantangan digital. Sehingga upaya itu dapat mendorong dan menjaga penggunaan internet dan sosial media yang sehat, cerdas, aman dan bijak.

"Pengguna internet terbanyak itukan, pertama generasi milenial, kelahiran tahun 1981 sampai 1996, yang kedua generasi post milenial atau gen Z, mereka itu teman-teman SMP dan SMA/SMK, jadi mereka perlu kita dampingi, kita perlu beri wawasan, pengetahuan, bahwa berinternet itu harus ada rambu-rambunya," tegasnya.

INCAKAP merupakan program unggulan dari Dinkominfo Temanggung untuk mensosialisasikan bijak berinternet dan bermedsos di kalangan pelajar. Kegiatan ini rutin digelar setiap Kamis dengan mendatangi langsung sekolah-sekolah di Temanggung.

"Ada Undang-undang yang terbaru Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, UU ITE, khususnya bagaimana mereka bisa bijak bermedia sosial, karena kita tahu aktifitas terbanyaknnya itu kan di medsos, kemudian bagaimana mereka bisa meningkatkan literasi digitalnya. Sehingga diharapkan mereka cakap, serta bisa menelisik dan meneliti benar dan tidaknya informasi yang diaksesnya," imbuhnya.

Wakil Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Bulu, Mira Setyani mengapresiasi upaya Dinkominfo Temanggung dalam meningkatkan kecakapan digital dan bijak bermedsos. Sebab diperlukan pendekatan strategis kepada generasi muda untuk menangkal pengaruh buruk dari internet.
 
"Untuk SMP Negeri 1 Bulu dalam penggunaan gadget atau telepon genggam memang kami ada larangan untuk menggunakan saat pembelajaran, namun pada pembelajaran tertentu, misalnya TIK atau pelajaran lain yang memang membutuhkan gadget atau telepon genggam kami perbolehkan," katanya. (MC.TMG/fir;sv;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top