Iklan Layanan Masyarakat

Hadapi Pemilu 2024, Polres Temanggung Gelar Sispamkota

Selasa, 26 Sep 2023 07:46:06 881

Keterangan Gambar : Hadapi Pemilu 2024, Polres Temanggung Gelar Sispamkota


Temanggung, Media Center - Kepolisian Resort Temanggung menggelar Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) yang dilangsungkan di Halaman Gedung Pemuda, Senin (25/9/2023).

Pada Sispamkota itu disimulasikan massa pendukung dan simpatisan peserta Pemilu mengepung KPU Kabupaten Temanggung, karena tidak puas dengan hasil tahapan dan perolehan suara Pemilu 2024. Mereka menduga ada permainan curang dari KPU yang membuat  calon yang mereka dukung kalah.

Warga yang tidak puas lantas membakar ban-ban bekas di sepanjang jalan di depan gedung penyelenggara Pemilu tersebut, bahkan sejumlah minimarket menjadi korban penjarahan. Aksi anarkis massa menyebabkan lumpuhnya Kota Temanggung.

Tidak kurang dari seribu petugas gabungan dari Polri, TNI dan komponen terkait diterjunkan untuk mengatasi kerusuhan. Petugas menangkap sejumlah orang yang diduga sebagai provokator, sementara massa dibubarkan dengan pengerahan petugas dari pengendali massa.

Kepala Kepolisian Resort Temanggung AKBP Ary Sudrajat mengatakan, simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) ditujukan untuk pengamanan pelaksanaan Pemilu 2024. Serta melatih kesiapan petugas kepolisian dibantu TNI dalam menjaga kondusifitas.

"Situasi kerusuhan dan anarkisme pada Pemilu tidak diharapkan semua pihak, namun polisi dan TNI bersiap jika hal itu terjadi," kata AKBP Ary Sudrajat usai kegiatan.

Kapolres mengatakan, kegiatan Sispamkota sekaligus untuk mengukur dan menjaga sinergi, serta berkolaborasi untuk selalu menjaga kesiapsiagaan petugas, serta mengecek kesiapan perlengkapan dan personil.

Kapolres berharap, pelaksanaan Pemilu di Kabupaten Temanggung bisa berjalan aman dan kondusif. Tidak ada suatu konflik apapun sampai detik ini dan diprediksi ke situasi selalu kondusif.

Adapun personil yang terlibat dari Polri sebanyak 600 personel, TNI 300 personel dan Satpol PP.  

Ketua KPU Muhammad Yusuf Hasyim mengatakan, pihaknya mengapresiasi kesiapan petugas dan adanya simulasi ini membuat mantap dan KPU dan jajaran merasa aman.

"Kami bekerja serius sesuai regulasi," tandasnya. (MC.TMG/Aiz;Ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top