Iklan Layanan Masyarakat

Gubernur Ganjar Buka Festival Lembutan Bansari ke-4

Jumat, 28 Jul 2023 19:34:13 628

Keterangan Gambar : Gubernur Ganjar Buka Festival Lembutan Bansari ke-4


Temanggung, MediaCenter - Festival Lembutan Bansari Kaping 4 resmi dibuka. Kegiatan yang dilaksanakan di Desa Campuranom, Kecamatan Bansari, Temanggung ini dibuka secara langsung oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo pada Kamis (27/7/2023).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Temanggung HM Al Khadziq dan Ketua DPRD Temanggung Yunianto.  Kegiatan diikuti oleh ratusan petani tembakau, maupun para penggelut bidang pertembakauan.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, menilai konsep lembutan yang dilaksanakan di gang-gang rumah warga Desa Campuranom terlihat lebih menarik dan berpotensi menjadi destinasi wisata baru.

"Niki lembutane, niki pamerane keren. Sesuk maneh ora sah ning lapangan, ning gang-gang malah luwih apik. Ini kalau kita bicara sekarang panen mbako, lembutan. Dipamerke nang gang, dipromosike. Iki dadi destinasi wisata. (Ini lembutannya, ini pamerannya keren. Besok lagi, tidak usah di lapangan, di gang-gang malah lebih bagus. Kalau bicara panen tembakau, lembutan. Dipamerkan di gang, dipromosikan, bisa jadi destinasi wisata)," tuturnya.

Gubernur Ganjar Pranowo dalam kesempatan kali ini juga berkesempatan untuk berdialog, serta berdiskusi melalui acara sarasehan bersama petani tembakau Temanggung.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Temanggung HM Al Khadziq yakin, panen tembakau di Temanggung kali ini akan lebih baik, melihat kondisi cuaca yang cukup kondusif. 

"Iklimnya sangat bagus, cuacanya sangat bagus, sampai di bulan akhir Juli menjelang musim panen tembakau. Tahun ini kualitas tembakau di Temanggung luar biasa pasti akan sangat bagus," ungkapnya.

Bupati mengimbau kepada pihak pabrikan untuk dapat memberikan atensi lebih dan mengutamakan tembakau hasil dari petani tembakau Temanggung. 

"Oleh karena itu, kepada pihak pabrikan, untuk memberikan penghargaan yang lebih kepada tembakau asli Temanggung yang memang berkualitas tinggi. Yang kedua, kami mohon kepada pabrikan yang punya perwakilan di Temanggung untuk mengutamakan pembelian tembakau Temanggung. Kemudian yang ketiga, kami mohon kepada pabrikan untuk membeli habis semua tembakau hasil petani Temanggung," imbuhnya.

Bupati juga menjelaskan, bahwa upaya pendekatan juga akan terus dilakukan. 

"Upaya pendekatan akan terus kita lakukan, baik kepada pabrik di provinsi atau di kota-kota lain, maupun yang ada di Kabupaten Temanggung," tandasnya. (MC.TMG/adi;wll;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top