Iklan Layanan Masyarakat

Giliran Kecamatan Bulu Adakan Gelar Produk UMKM

Kamis, 03 Agu 2023 19:35:25 387

Keterangan Gambar : Giliran Kecamatan Bulu Adakan Gelar Produk UMKM


Temanggung, Media Center - Pemkab Temanggung melalui Dinas Koperasi, UMKM dan Perdagangan (Dinkopdag) kembali melaksanakan Gelar Produk UMKM Kabupaten Temanggung di Halaman Kantor Kecamatan Bulu, Rabu (2/8/2023) hingga Jumat (5/8/2023) mendatang.

Kepala Dinkopdag Temanggung, Entargo Yutri Wardono, Wakil Ketua DPRD, Tunggul Purnomo, Forkompimcam Bulu, OPD Terkait, Pimpinan Bank Jateng Cabang Temanggung, seluruh tamu undangan, dan seluruh peserta hadir sekaligus mengikuti kegiatan tersebut.

Entargo mengatakan, kegiatan yang nantinya akan terus berjalan di 20 Kecamatan se-Kabupaten Temanggung tersebut, bertujuan untuk memberikan sarana guna mengangkat dan mengenalkan produk-produk UMKM, khususnya di Kabupaten Temanggung untuk bersaing dengan produk-produk UMKM dari luar daerah kepada masyarakat, mengingat saat ini mulai ketatnya persaingan di pasar perdagangan.

“Jangan sampai produk UMKM di Kabupaten Temanggung kalah bersaing dari produk UMKM dari luar daerah. Sehingga kalau produk-produk kita, tidak kita pamerkan atau kita sejajarkan dengan produk-produk di luar Kabupaten Temanggung sangat disayangkan dan kita akan kalah,” katanya.

Adapun klaster yang dipamerkan dalam gelaran UMKM, seperti yang dikatakan Entargo, meliputi Hortikultura, Kerajinan, Batik, Minuman, Makanan Ringan, dan Wisata yang masing-masing memiliki keungulan berbeda pada setiap tempat di seluruh Kecamatan Temanggung.

“Kepada masyarakat Temanggung, kami mohon dukungan dan partisipasi, dari yang pertama UMKM, dan yang kedua masyarakat untuk bisa ikut berbelanja produk UMKM yang berasal dari Temanggung itu sendiri,” ungkapnya.

Entargo menambahkan, pemenuhan standar produk UMKM seperti kriteria kualitas, kuantitas, dan kontinunitas yang dilakukan oleh pelaku UMKM sudah banyak dipenuhi. Untuk itu, ia berharap kepada pelaku UMKM Temanggung untuk tetap menjaga dan meningkatkan inovasi dan kreatifitas dalam kriteria-kriteria guna menghadapi ketatnya pasar perdagangan saat ini.

“Harapan kami, dengan adanya sarana gelaran UMKM ini, pelaku UMKM untuk dapat segera bisa berbenah diri, guna mengembangkan usahanya, supaya betul-betul bisa menjadi penguat ekonomi untuk masing-masing pelakunya,” tandasnya. (MC.TMG/wll;chy;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top