Iklan Layanan Masyarakat

Gelorakan Semangat INCAKAP, Dinkominfo Awali Road Show di SMP N 1 Kranggan

Jumat, 27 Feb 2024 07:40:46 131

Keterangan Gambar : Gelorakan Semangat INCAKAP, Dinkominfo Awali Road Show di SMP N 1 Kranggan


Temanggung, Media Center - Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Temanggung membuka sosialisasi Program Internet Cerdas, Aktif, Kreatif, Produktif (INCAKAP) pada tahun 2024 di SMP Negeri 1 Kranggan, Temanggung, Selasa (27/2/2024) pagi.

Sekretaris Dinkominfo, Adi Pitoko berkesempatan membuka secara langsung program INCAKAP yang bertema "Bijak Bermedia Sosial dan Menjaga Keamanan Informasi" dengan pemateri Pranata Hubungan Masyarakat Ahli Muda, Eko Kus Prasetyo dan Sandiman Ahli Pertama, Lugas Nur Jatmono, serta diikuti oleh 262 siswa-siswi Kelas VIII SMP N 1 Kranggan Temanggung. 

Adi Pitoko, Sekretaris Dinkominfo dalam sambutannya, mengajak dan memberikan semangat kepada siswa-siswi SMP N 1 Kranggan untuk terus aktif menggaungkan pentingnya etika bermedia sosial, menghindari hoak dan mengamankan data pribadi di era teknologi yang kian pesat saat ini.

“Kami mempunyai kegiatan untuk mensosialisasikan bagaimana menggunakan internet yang sehat. Sehingga kedepan, adik-adik semua ini bisa berinternet dengan bijak," tandas Adi Pitoko. 

Selanjutnya, Eko Kus dalam materinya menyampaikan prinsip dasar yang sederhana dan cerdas dalam menggunakan media sosial dengan istilah THINK yaitu True, Helpfull, Illegal, Necessary, dan Kind. Selain itu, tips dan saran guna menghindari kejahatan siber juga turut disampaikan dengan metode SMART yaitu Secret, Meeting, Attachment, Reliable, dan Tell.

“Posting yang penting, bukan yang penting posting. Penuhi dengan hal-hal yang berguna dan bagikan hanya informasi yang telah kita saring kebenaran dan manfaatnya. bagikan konten positif dengan cerdas, aktif, kreatif, produktif,” tandasnya.

Lugas menambahkan, terkait dengan beberapa langkah menjaga keamanan dalam penggunaan internet, seperti halnya selalu waspada ketika melakukan interaksi, jangan mengumbar data pribadi secara sembarangan, dan selalu gunakan langkah keamanan ekstra, seperti verifikasi dua langkah, ganti password secara berkala, dan pasang aplikasi resmi.

“Hal ini disebabkan dari beberapa sisi dampak internet, seperti maraknya kejahatan online, mengurangi jiwa sosial, dan mengurangi kesehatan badan. Namun dari sisi positifnya, internet dapat mempermudah kegiatan, menambah sumber pengetahuan, dan mudah mendapatkan hiburan,” jelasnya. (Will;Ekape)

Pencarian:

Komentar:

Top