Iklan Layanan Masyarakat

Forum Data Langkah Pemutakhiran Data Statistik Sektoral Kabupaten Temanggung

Rabu, 17 Jan 2024 08:59:58 264

Keterangan Gambar : Forum Data Langkah Pemutakhiran Data Statistik Sektoral Kabupaten Temanggung


Temanggung, Media Center – Pemkab Temanggung melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Temanggung sebagai Wali Data, melaksanakan kegiatan Forum Data Statistik Sektoral Kabupaten Temanggung Tahun 2024 yang berlangsung di Aula Kantor Dinkominfo Temanggung, Selasa (16/1/2024).

Kepala Dinkominfo, Gotri Wijianto W. berkesempatan membuka secara langsung kegiatan tersebut dengan didampingi Kepala Bidang Statistik dan Persandiaan, Lisa Puspitasari beserta jajaran dan dihadiri oleh perwakilan Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Temanggung, OPD terkait dan instansi vertikal sebagai Produsen Data yang ada di Kabupaten Temanggung.

Kepala Dinkominfo mengatakan, Forum Data Statistik Sektoral bertujuan untuk mengumpulkan data dari Produsen Data guna memutakhirkan data statistik sektoral dalam lingkup Kabupaten Temanggung yang nantinya, data-data tersebut akan disusun menjadi publikasi statistik sektoral dan diunggah melalui portal Satu Data Indonesia.

Selain itu, Kepala Dinkominfo menambahkan, Forum Data tersebut juga bertujuan untuk menjadi forum koordinasi, komunikasi dan menyamakan persepsi, sehingga dapat mencapai suatu pemahaman dan kesepakatan akan pengumpulan data statistik sektoral, khususnya di Kabupaten Temanggung.

“Tujuan dari Forum Data ini adalah untuk menjadi forum koordinasi, komunikasi dan menyamakan persepsi, sehingga dapat mencapai suatu pemahaman dan kesepakatan akan pengumpulan data statistik sektoral Kabupaten Temanggung,” jelas Gotri.

Selanjutnya, pengelolaan data seperti yang dikatakan Gotri merupakan hal yang sangat penting, mengingat data tersebut merupakan hal yang berharga dan dibutuhkan banyak pihak. Untuk itu, ia berharap kepada para Produsen Data terkait, untuk memberikan data yang mutkhir dan valid, sehingga nantinya dapat memberikan gambaran yang benar akan situasi di lapangan.

“Data statistik sektoral nantinya akan didiseminasikan melalui publikasi dalam bentuk Buku Statistik Kabupaten Temanggung, diunggah melalui website Dinkominfo dan aplikasi e-statistik yang berbasis android. Hal tersebut dimaksudkan agar data mudah dimanfaatkan dalam menunjang pembangunan daerah, maupun memenuhi kebutuhan masyarakat,” pungkas Kepala Dinkominfo.

Dalam Forum Data Statistik Sektoral Kabupaten Temanggung, tercapai juga kesepakatan terkait jenis dan jumlah data yang akan dimutakhirkan, tenggat waktu pengumpulan data, serta metode pengumpulan data statistik sektoral. Lebih lanjut, BPS Kabupaten Temanggung pada kegiatan ini juga berkesempatan memberikan pemahaman akan pengelolaan data statistik sektoral, serta penjelasan akan Indeks Pembangunan Statistik (IPS) melalui Evaluasi Pengelolaan Statistik Sektoral (EPss;EKape).

Pencarian:

Komentar:

Top