Iklan Layanan Masyarakat

FORIKAN Temanggung Kampanyekan Gemarikan dan Coaching Clinic Olahan Ikan
Umum Sosial Kebudayaan Dan Pariwisata Pendidikan Ekonomi INSANIF PUSKOMKREF Sistem Informasi Desa (SID) PPID STATISTIK INFORMATIKA KOMUNIKASI KOMINFO Agenda OPD SEPUTAR TEMANGGUNG BERITA NASIONAL hoax terkini


admin 01 Nov 2019 31
Blog single photo

Temanggung, Media Center – Pelaksanaan kegiatan hari Ikan Nasional ke-6 Kabupaten Temanggung tahun 2019 Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Kabupaten Temanggung merealisasikan tugasnya yaitu Kampanye Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) di Balai Desa Menggoro Kecamatan Tembarak Kabupaten Temanggung, Rabu (30/10/2019).
Program Gemarikan yang mengusung tema “Peran Ibu dalam Meningkatkan Konsumsi Ikan Melalui Pemenuhan Gizi Keluarga” diikuti oleh 38 anak murid dari TK Dharma Wanita Menggoro, 62 anak murid dari TK Dharma Wanita Tembarak, 117 anak murid dari SD Negeri 1 Menggoro, 83 anak murid dari SD Negeri 2 mneggoro serta 100 orang yang terdiri dari anggota Tim Penggerak Pemberdayaan Kesehatan Keluarga (TP-PKK) Kecamatan Tembarak.
Kampanye Gemarikan ini dibuka oleh ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan), Denty Eka Widi Pratiwi dan dihadiri oleh Perwakilan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Tengah, Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung sebagai narasumber, Chef dari Art Hotel Yogyakarta sebagai narasumber coaching clinic dan para ketua TP-PKK desa se-Kecamatan Tembarak beserta anggota sebagai tamu undangan dan peserta coaching clinic.
Pemenuhan hak anak terutama gizi merupakan bentuk perlindungan anak untuk tumbuh kembang. Program pemenuhan hak anak dilaksanakan melalui berbagai macam strategi yang menyasar anak secara langsung, baik melalui orangtua, lingkungan dan wilayah. Salah satunya adalah gerakan edukasi dan peningkatan keterampilan. Kegiatan ini merupakan salah satu cara agar anak diberikan asupan gizi yang baik untuk mencegah stanting dan meningkatkan status kesehatan anak untuk menyiapkan generasi emas dimasa depan.
Salah satu gizi terpenting yang harus dipenuhi oleh anak adalah protein hewan seperti daging, ikan dan susu. Protein berperan penting bagi pertumbuhan dan perbaikan sel tubuh yang rusak serta berperan dalam pembentukan tulang dan pertumbuhan anak.
Denty Eka Widi Pratiwi juga menjelaskan beberapa manfaat mengonsumsi ikan bagi tubuh manusia diantaranya membantu pertumbuhan terutama pertumbuhan otak dan tulang anak, pencegahan penyakit jantung, mengurangi resiko penyakit Alzheimer, mengurangi resiko depresi, melindungi mata dari penurunan fungsi karena penuaan, mencegah penyakit asma dan menurunkan resiko diabetes tipe 1 terutama pada anak.
Tujuan dari Gemarikan sendiri adalah untuk menyatukan gerak untuk melaksanakan program nasional serta mengajak masyarakat, khususnya warga Temanggung untuk selalu mengkonsumsi ikan. Penyebab gizi buruk dan stanting diantaranya rendahnya kualitas gizi dalam makanan dan pola asuh yang kurang baik terutama pada perilaku dan praktek pemberian makanan pada bayi dan anak.
“Pedoman gizi seimbang adalah susunan makanan sehari-hari yang mengandung zat-zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh dengan memperhatikan prinsip keanekaragaman atau variasi makanan, aktivitas fisik, kebersihan dan berat badan ideal.”, imbuh Ketua Forikan dalam forum tersebut. (MC TMG/Penulis : Cahya/Foto : Agung Editor:Ekape)

Recent Comments

Tinggalkan Komentar

Top