Iklan Layanan Masyarakat

Fasilitasi UMKM Naik Kelas, Dinkopdag Adakan Pengenalan Ekspor Eceran

Kamis, 26 Jul 2023 13:27:39 262

Keterangan Gambar : Fasilitasi UMKM Naik Kelas, Dinkopdag Adakan Pengenalan Ekspor Eceran


Temanggung, MediaCenter – Dinas Koperasi, UMKM dan Perdagangan (Dinkopdag)  Kabupaten Temanggung kembali melaksanakan Sosialisasi Ketentuan di Bidang Cukai dan Pengenalan Strategi Ekspor Eceran Untuk UMKM bertempat di Jambu Klutuk Resort Parakan, Selasa (25/7/2023).

Wakil Bupati Temanggung Heri Ibnu Wibowo hadir secara langsung memberikan motivasi kepada para pelaku UMKM. Kegiatan diikuti oleh 50 orang pelaku UMKM dari berbagai sektor yang berasal dari 20 kecamatan se-Kabupaten Temanggung. 

Kepala Biro Infrastruktur dan Sumber Daya Alam Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Tengah turut memberikan materi secara daring. 

Kegiatan tersebut juga melibatkan Praktisi Ekspor dari HIPMI Temanggung untuk berbagi pengetahuan seputar ekspor, terlebih mulai dari ekspor skala kecil/eceran.

Kepala Bidang Perdagangan Dinkopdag, Ponco Marbagyo menjelaskan kegiatan dilaksanakan dalam rangka memenuhi permintaan, serta kebutuhan pelaku UMKM dan dilatarbelakangi keinginan pelaku usaha untuk “Naik Kelas”

“Maka tujuan kami hanya satu, bapak dan ibu sekalian di sini akan kami ubah mindsetnya bahwa ekspor itu mudah,” tegasnya.

Wabup menyampaikan, pelaku UMKM Kabupaten Temanggung harus terus berinovasi serta berkreasi. 

“Kita harus lebih banyak berinovasi, dan harus lebih banyak berkreatifitas,” tuturnya.

Lebih lanjut, Wabup menyampaikan, Temanggung seringkali dianggap sebagai daerah perlintasan saja. Padahal menurut Wabup, daerah perlintasan memiliki potensi besar, sebab berbagai orang dengan berbagai kepentingan pasti singgah di Temanggung.
 
“Kalau kita bisa baca peluang ini, kesempatan kita untuk mengiklankan, untuk menawarkan potensi yang ada di Kabupaten Temanggung lebih pesat daripada mereka yang jadi destinasi wisata. Kenapa, karena daerah perlintasan itu orang dengan segala kepentingan lewat di Kabupaten Temanggung,” tandas Wabup. (MC.TMG/adi;ekp)

Pencarian:

Komentar:

Top